Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Bupati Aceh Tengah Sambangi BPODT Bahas Promosi Wisata Dan Ekonomi Kreatif

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Bupati Aceh Tengah Sambangi BPODT Bahas Promosi Wisata Dan Ekonomi Kreatif

Medan, 23 Januari 2023 – Pj. Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan bersama Kadis UMKM Aceh Tengah Marwandi Munthe berkunjung ke Kantor Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, diterima langsung oleh Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT Wahyu Dito Galih didampingi Kepala Divisi Pemasaran Pariwisata Nusantara Siswanto Sinambela.

Beliau berkeinginan mengembangkan kepariwisataan dan ekonomi kreatif dengan Danau, Laut, Tawar dan Takengon sebagai destinasi wisata unggulannya melalui benchmarking pengelolaan wisata di Danau Toba.

Beberapa produk UMKM yang sudah ada diproduksi di Aceh Tengah sudah dikemas dengan baik dan tidak kalah bersaing dengan produk UMKM lainnya, mulai dari kopi Gayo, minuman ekstrak kopi, cerutu dan jenis produk lainnya. Disamping itu sudah ada 3 investasi hotel berbintang 3+ yang dibangun di Kawasan Danau Laut Tawar.

Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT, Wahyu Dito Galih Indharto menjelaskan bahwa keseriusan Pemkab Aceh Tengah harus didasari dengan dokumen rencana pembangunan yang sistematis, terintegrasi dan terstruktur dalam rangka mewujudkan komponen dasar destinasi wisata 4A  (Attraction/Daya Tarik Wisata, Accesibility/ Akses , Amenity/ Fasilitas, Anciliarry/ Kelembagaan). Komponen ini bisa diujicoba dengan membangun Desa Wisata, meningkatkan peran stakeholder kepariwistaaan di daerah, bahkan sampai menyediakan event wisata yang terjadwal.

Selanjutnya Pj Bupati Aceh Tengah akan beraudiensi ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  di Jakarta sekaligus akan menyusun formulasi dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah yang menambah penekanan pembangunan kepariwisataan dan industri kreatif di dalamnya.

Kunjungan diakhiri dengan penyerahan cindera mata dan hasil UMKM dari BPODT dan Pemkab Aceh Tengah.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 931 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay