Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Bahas Peluang Usaha Di Danau Toba, Sandiaga Uno Hadiri Kegiatan ‘Tiba Tiba Toba’

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Bahas Peluang Usaha Di Danau Toba, Sandiaga Uno Hadiri Kegiatan ‘Tiba Tiba Toba’

Medan, 1 November 2022 – Dalam kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno ke Medan, beliau hadiri kegiatan Tiba Tiba Toba. Kegiatan yang diinisiasi oleh BPODT (Badan Pelaksana Otorita Danau Toba) di Seis Kafe, Medan, Sumatera Utara Selasa, (01/11/2022). Pemuda merupakan pemegang tongkat estafet kepemimpinan dimasa depan sekaligus sebagai generasi muda harapan bangsa. Peran nyata pemuda sebagai penggerak ekonomi, sangat diharapkan untuk menopang keberlangsungan ekonomi bangsa ke depan.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yaitu dengan pemberdayaan ekonomi kreatif, hal ini yang menjadi ide awal kegiatan Kumpul Kreatif Tiba Tiba Toba yang diinisiasi oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba untuk mengumpulkan pemuda pemuda kreatif yang tergabung di dalam beberapa komunitas untuk berdiskusi seputar peluang bisnis yang sangat menjanjikan di kawasan Danau Toba dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiga Uno.

Kegiatan ini menjadi ajang diskusi bagi komunitas kreatif dalam membahas potensi kolaborasi kreatif antar stake holder di Kota Medan dan sekitarnya yang diharapkan agar pemuda kreatif Kota Medan mulai untuk melirik lebih jauh hal-hal apa saja yang dapat diimplementasikan dan dikolaborasikan secara kreatif di Kawasan Danau Toba.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno menyampaikan, bahwa Indonesia sedang dilanda kondisi ketidakstabilan atau yang sedang tren disebut dengan VUCA (Volatillity, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity).

“Ditengah tengah VUCA, Kalangan Muda Kota Medan dan sekitarnya dapat melihat Kawasan Danau Toba sebagai potensi kolaborasi kreatif untuk berinvestasi kreatif dan berbisnis, dalam rangka menciptakan lapangan kerja baru agar bisa bergerak dan berdiri menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujar Sandi.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Jimmy Panjaitan menambahkan, “BPODT melalui kegiatan dan event-event yang telah diselenggarakan sebelumnya sangat mengapresiasi penuh terhadap pelaku-pelaku UMKM  baik yang berada di kawasan Danau Toba maupun yang berasal dari luar kawasan Danau Toba namun tetap memilili tujuan yang sama yaitu untuk memajukan Destinasi Super Prioritas Danau Toba, harapannya teman teman pelaku maupun pengusaha umkm yang berada di Medan juga dapat menangkap peluang besar untuk berinvestasi di kawasan Danau Toba mengingat potensinya yang sangat besar dan menjanjikan” tambah Jimmy.

Kumpul Kreatif Tiba Tiba Toba juga akan menjadi wadah belajar dan kolaborasi baru pemuda kreatif Kawasan Danau Toba dan Kota Medan untuk mulai aware dengan Kawasan Danau Toba, agar kedepannya dapat berkolaborasi dan memberikan kontribusi melalui karya-karya kreatif guna mendukung pengembangan Danau Toba sebagai Kawasan Destinasi Super Prioritas.

Trisna Pardede, salah satu pelaku ekonomi kreatif yang hadir untuk menceritakan kisah inspiratif perjuangan dalam mempromosikan Danau Toba melalui produk produk dagangannya menyampaikan, “Produk-produk hasil dari UMKM yang ada di kawasan Danau Toba juga tidak kalah dengan daerah daerah lain di Indonesia, itu yang membuat saya yakin untuk pulang ke kampung halaman dan mendirikan usaha di bidang ekonomi kreatif baik berupa fashion dan kopi untuk memajukan kampung halaman saya,” tutur Trisna.

Hadir pula perwakilan dari komunitas Vespa Listrik Elders Elettrico yang telah melakukan konversi Vespa tahun 1961 miliknya dari yang semula bertenaga konvensional menjadi tenaga listrik dan akan terus berkomitmen untuk mendorong komunitas vespanya untuk memperbanyak penggunaan vespa listrik di jalan raya.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik

 1,233 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay