Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

BMKG Beri Peringatan Waspada Hadapi Cuaca Ekstrem Di Sumut

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

BMKG Beri Peringatan Waspada Hadapi Cuaca Ekstrem Di Sumut

Medan, 30 Agustus 2022 – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprediksi bahwa wilayah Sumatera Utara akan dilanda hujan lebat. BMKG Wilayah I Medan mengimbau masyarakat untuk waspada,

Dikutip dari medan.tribunnews.com dari pantauan BMKG Wilayah I Medan, akan terjadi hujan lebat pada tanggal 29 Agustus hingga 31 Agustus di wilayah Sumatera.

Prakiraan hujan lebat setelah melihat kondisi cuaca wilayah Sumatera Utara beberapa hari terakhir yang dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Tingginya curah hujan yang berlangsung beberapa hari ini telah mengakibatkan terjadinya banjir, longsor dan genangan air di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini terjadi karena adanya belokan angin dan pertemuan angin (Konvergensi) di Sumatera Utara.

Disamping itu, MJO (Madden Julian Oscillation) juga berkontribusi dalam proses pembentukan awan hujan. Kondisi udara di lapisan atas juga sedang labil dan menyebabkan adanya potensi penguapan (penambahan massa uap air) di Samudera Hindia Barat Sumatera Utara.

Berdasarkan analisis ini, BMKG Wilayah I Medan memprediksi dalam tiga hari ke depan (29 – 31 Agustus 2022) di wilayah Sumatera Utara berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Potensi cuaca buruk ini akan berlangsung dengan durasi yang lama. Hujan yang mengguyur cakupan wilayah yang luas ini dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi. Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di wilayah Sumatera Utara.

BMKG Wilayah I Medan mengimbau agar para pemangku kepentingan dan seluruh komponen masyarakat untuk waspada dan siaga menghadapi kondisi cuaca ini. Masyarakat harus meningkatkan kesiapannya untuk menghadapi potensi bencana hidrometeoroligi di wilayah Sumatera Utara dalam waktu dekat ini.

Apa Itu Bencana Hidrometeorologi?

Dikutip dari moviecultist.com, hidrometeorologi merupakan cabang meteorologi dan hidrologi yang mempelajari transfer air dan energi antara permukaan tanah dan atmosfer yang lebih rendah.

Menurut Leaflet dari BMKG yang terbit pada tahun 2019, bencana hidrometeorologi adalah fenomena bencana alam atau proses merusak yang terjadi di atmosfer (meterologi), air (hidrologi), atau lautan (oseanografi).

Curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Sumatera Utara memiliki potensi terjadinya bencana hidrometeoroligi.

Atau dengan kata lain adalah bencana yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir bandang, longsor, angin kencang dan gelombang tinggi.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 540 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay