Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: BPODT Menggelar Jumpa Pers Awal Tahun 2023

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:
Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) menggelar jumpa pers awal tahun dengan agenda menyampaikan capaian di tahun 2022 serta program kerja tahun 2023 dengan awak media di hotel Labersa Toba, kabupaten Toba, Sumatera Utara (3/2/2023).

Direktur Utama BPODT, Jimmy B Panjaitan memaparkan, pada 2022 pihaknya mampu menorehkan hasil cukup memuaskan, baik melalui capaian investasi di lahan otorita dan pendapatan lain dari layanan di Kaldera Resort, event event yang telah terselenggara di TCR maupun kawasan Danau Toba, serta pelatihan pelatihan bagi masyarakat di kawasan Danau Toba. Untuk sektor investasi, Labersa Kaldera Resort menjadi investor pertama yang memastikan berinvestasi di lahan otorita BPODT, dan telah ditandai dengan peletakan batu pertama. “Capaian investasi yang cukup kita syukuri telah dilakukannya ground breaking pembangunan Labersa Kaldera Resort. Setelah menunggu tujuh tahun, secara perdana tahun lalu ada investasi di lahan otorita,” paparnya.

Nilai investasi dari pembangunan Labersa Kaldera mencapai Rp 600 miliar. Sementara, pendapatan dari layanan atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebagai Badan Layanan Umum (BLU) mencapai Rp 4,6 miliar. Disebutkan Jimmy, sebagai BLU, BPODT juga diharapkan mampu mencari pendapatan dari jasa yang dikelola, salah satunya dari Kaldera Resort dengan total kunjungan pada tahun 2022 mencapai 211.642 pengunjung.
“Ke depan, kami targetkan bisa naik lagi menjadi 400 ribu pengunjung,” Jimmy menandaskan.

Untuk di tahun 2023 dari Direktorat Pemasaran telah menyiapakan sejumlah agenda bertaraf nasional hingga internasional sebagai promosi pariwisata Danau Toba pada tahun ini setelah pelaksanaan F1H2O yang akan menjadi gong pembuka di tahun 2023 ini.

Dari Direktorat Destinasi Pariwisata beragam infrastruktur dasar akan segera dibangun untuk mendukung pariwisata di TOBA CALDERA RESORT maupun mendorong aksesibilitas transportasi menuju kawasan Danau Toba.

Sedang dari Direktorat Industri dan Kelembagaan pihaknya mengaku akan melakukan 2 kesepakatan akan lahan yang akan di ground breaking di tahun ini serta meningkatkan pelatihan bagi pelaku ekonomi kreatif serta UMKM yang ada di kawasan Danau Toba.

Anderson Situmeang
Kadiv Komunikasi Publik BPODT

 900 total views

BPODT
BPODT

Leave a Replay