Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers : Cegah Kebakaran Hutan, BPODT Gelar Pelatihan Pemadam Kebakaran

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba sebagai satuan kerja yang bernaung dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah diberikan amanah untuk mengelola lahan seluas 386,79 Ha untuk menjadi kawasan pariwisata premium berkelas dunia sehingga Badan Pelaksana Otorita Danau Toba juga wajib untuk menjaga dan melestarikan kawasan hutan dengan melakukan pencegahan kebakaran hutan.

Sesuai dengan tagline #GEBER (Gerak Bersama) dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba mengadakan kolaborasi Pelatihan Pemadam Kebakaran dengan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Daerah Operasi Manggala Agni Sumatera II Pematang Siantar (Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Daops Manggala Agni Sumatera II/Pematang Siantar) selama dua (2) hari, 16-17 Maret 2022 di The Kaldera Toba Nomadic Escape.

Bambang Cahyo Murdoko selaku Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik Badan Pelaksana Otorita Danau Toba mewakili Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, mengatakan bahwa dalam Kawasan Lahan Zona Otorita berbatasan dengan tiga (3) Desa, yaitu; Desa Sigapiton, Desa Sibisa dan Desa Pardamean Sibisa. Beliau berharap agar seluruh stakeholder dan segenap masyarakat untuk saling bahu membahu dalam menjaga agar kawasan hutan tetap aman dan terlindung dari bencana kebakaran hutan. ‘Harapan dari Pelatihan ini dengan tersedianya sumber daya manusia yang terampil dalam melakukan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan yang akan terjadi di Kawasan yang sama-sama kita cintai ini.’ Ungkap Bambang Cahyo Murdoko.

Anggiat Sinaga, S.Hut selaku Kadaops Manggala Agni Sumatera II Pematang Siantar dalam sambutannya pun menambahkan bahwa semoga dalam pelatihan bersama ini dapat menjalin hubungan yang baik dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba kedepannya. Harapannya semoga dalam pelatihan ini semua peserta dapat merasakan manfaatnya dalam menjaga alam kita disekitar Kaldera Toba Nomadic Escape, karena salah satu penyebab kerusakan pada alam adalah kebakaran.

Dalam kegiatan pelatihan ini peserta berasal dari perwakilan tiga (3) Desa di Lahan Zona Otorita dan perwakilan dari sekuriti Badan Pelaksana Otorita Danau Toba.

 67 total views

Crisis Center BPODT
Crisis Center BPODT

Leave a Replay