Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: ADB Akan Jadikan Toba Caldera Resort Pilot Project Smart Tourism Ecosystem

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

ADB Akan Jadikan Toba Caldera Resort Pilot Project Smart Tourism Ecosystem

Asian Development Bank (ADB) bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melaksanakan kegiatan Smart Tourism Ecosystem (STE) On-Site Consultation di Kantor Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT). Selasa, (29/8).

Acara konsultasi ini bertujuan untuk menciptakan wisata berkelas dunia yang modern dan berkelanjutan dengan upaya kolektif dari berbagai stakeholders pariwisata, seperti pemerintah, pelaku bisnis dan masyarakat.

Direktur Industri dan Kelembagaan BPODT, Raja Tarigan dalam sambutannya menekankan bahwa diperlukannya memperbanyak teknologi dalam menciptakan ekosistem smart tourism.

“Ide smart tourism menjadi sangat unik, dimana kita dapat memadukan teknologi digital dan pengalaman wisata yang menarik, teknologi tersebut bukan hanya berupa alat saja namun dapat meningkatkan pengalaman berwisata yang asyik dan menyenangkan bagi pengunjung yang datang ke kawasan kita dan memudahkan kita untuk mengidentifikasi masalah yang ditemui oleh pengunjung,” ujar Direktur Raja.

Menurut Raja, Toba Caldera Resort sebagai bagian integral dari pembangunan Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Wisata Danau Toba terpilih sebagai destinasi pilot project dalam pengembangan konsep smart tourism nantinya dapat diteruskan dan direplikasi oleh desitinasi wisata nasional lainnya.

“Pada akhirnya Toba Caldera Resort akan kita wujudkan menjadi smart tourism ecosystem dikarenakan kawasan kita di desain untuk kelas premium atau internasional, segala kelengkapan untuk hal tersebut akan kita sempurnakan perlahan, kita akan mulai dari Toba Caldera Resort untuk Danau Toba,” tambah Raja.

Kegiatan berlangsung selama dua hari pada 29-30 Agustus 2023, menjadi langkah awal dalam mengadopsi sistem pariwisata berbasis smart tourism yang mengedepankan sentuhan teknologi atau Internet of Things (IoT) seperti sistem e-ticketing, cash laess payment, security and surveillance, public wifi sampai kepada artificial intelegent.

Turut hadir Bapak Mochamad Nalendra sebagai konsultan mitra ADB, Andy Marpaung dan Aulia Chloridiany dari Kemenparekraf, Laila Lubis perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Munarta Ginting Kadispar Kabupaten Karo, perwakilan dari Kabupaten Di Dsanau Toba, dari IT DEL dan tim Telkomsel wilayah Sumbagut.

Nelson Lumbantoruan

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 366 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay