Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Angkat Sejarah Marga Tambun, Punguan Raja Tambun Se Indonesia Gelar Acara Wisata Leluhur

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Angkat Sejarah Marga Tambun, Punguan Raja Tambun Se Indonesia Gelar Acara Wisata Leluhur

Toba, 21 November 2022 – Dalam mengangkat Sejarah Marga Tambun, sebanyak 3.000 keturunan Si Raja Tambun dari seluruh Indonesia hadir pada acara Pesta Rakyat dan Wisata Leluhur ke-3 Punguan Pomparan Raja Tambun Indonesia (PPRTI).

Kegiatan tersebut digelar di Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, pada Sabtu (19/11/2022). Acara ini yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020 ditunda akibat pandemic covid-19 yang melanda dunia.

Menurut Ketua Umum DPP PPRTI, Richard Tambun menjelaskan bahwa Wisata Leluhur Punguan Pomparan Raja Tambun Indonesia. Kegiatan yang awalnya dilaksanakan pada tahun 2016, kemudian pada tahun 2018.

Kegiatan yang dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali ini ditujukan untuk mempererat silaturahmi antar keturunan Si Raja Tambun dari seluruh Indonesia. Selain itu juga memperkenalkan sejarah Marga Tambun bagi keturunan Punguan Pomparan Raja Tambun Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam acara itu melakukan peletakan batu pertama Si Raja Tambun Center di Sibisa, Teatrikal Sejarah Si Raja Tambun, dan Penyerahan Pataka kepada Pelaksana Wisata Leluhur ke-4 tahun 2024 PPRTI.

Ditempat terpisah Jimmy Bernando Panjaitan, Direktur Utama BPODT mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Punguan Raja Tambun Se Indonesia. Kegiatan ini sangat penting dilakukan agar seluruh masyarakat khususnya Keturunan Raja Tambun tau tentang sejarah dari Raja Tambun.

“Kegiatan ini menunjukkan bahwa orang batak ternyata kompak dalam mensukseskan kegiatan. Lokasi ini nanti bisa menjadi destinasi wisata leluhur. Dirut juga mengatakan di lokasi ini ada beberapa destinasi wisata seperti Toba Caldera Resort dan Bukit Gibeon. Jadi saudara-saudara keturunan Raja Tambun yang ingin mengunjungi tempat leluhurnya dapat singgah ke Toba Caldera Resort dan Bukit Gibeon,” ujar Dirut Jimmy.

Dalam kegiatan ini juga di hadiri oleh Anggota DPR RI Komisi VI Martin Manurung, Bupati Toba Poltak Sitorus beserta jajarannya dan mewakili BPODT Nelson Lumbantoruan Kepala Divisi Pemasaran Mancanegara Pariwisata BPODT, Mosanda Tampubolon Kepala Divisi Umum BPODT dan Baguslan Harahap

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik

 2,799 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay