Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Basarnas Medan Gelar Pelatihan Potensi SAR Teknis Pencarian dan Pertolongan di Permukaan Air

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Basarnas Medan Gelar Pelatihan Potensi SAR Teknis Pencarian dan Pertolongan di Permukaan Air

Parapat, 22 Mei 2023 – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Medan menyelenggarakan pelatihan potensi SAR teknis pencarian dan pertolongan di permukaan air.

Dikutip dari timenews, Pelatihan ini diadakan di Mess Pora-Pora Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun.

Dengan tema “Melalui pelatihan teknis pencarian dan pertolongan di permukaan air dan bagi potensi SAR di Kawasan Danau Toba, kita tingkatkan kemampuan dan solidaritas dalam melaksanakan pencarian dan pertolongan secara profesional, sinergi, dan militan.”

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Basarnas, Didi Hamzar, menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah melatih personil Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kawasan Danau Toba agar lebih kompeten dan tetap siap siaga untuk membantu korban kecelakaan di perairan Danau Toba.

Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi sinergis antara Kantor Basarnas Medan, Pos Basarnas Toba, BPBD Daerah, dan berbagai instansi terkait dalam penanganan korban kecelakaan dan insiden lainnya di perairan Danau Toba.

Didi Hamzar menegaskan bahwa pelatihan pencarian dan pertolongan korban di permukaan air di kawasan perairan Danau Toba akan dilaksanakan secara rutin.

“Hal ini bertujuan agar setiap personil memiliki kemampuan, kesiapsiagaan, dan kecepatan dalam memberikan pertolongan. Ini merupakan jaminan keselamatan bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke kawasan Danau Toba,”kata Didi Hamzar

“Dengan kegiatan yang kita lakukan, kita tidak berharap ada insiden atau kecelakaan di kawasan perairan Danau Toba. Semua ini dilakukan sebagai langkah antisipasi, karena bencana atau kecelakaan pasti akan terjadi meskipun kita tidak dapat memastikan kapan dan di mana hal itu akan terjadi. Namun, ketika insiden terjadi, semua personel Basarnas dan BPBD di daerah, beserta instansi terkait, sudah memiliki keahlian, kesiapan diri, dan kompetensi untuk membantu para korban,” jelasnya.

Kepala Kantor Basarnas Kelas A Medan, Budiono, dalam penjelasannya menyebutkan bahwa dalam pelatihan hari ini, terdapat 50 peserta dari Basarnas, perwakilan Organisasi Masyarakat, Penggiat Lingkungan, BPBD Pemerintahan Kabupaten, dan anggota TNI/Polri di sekitar Kawasan Danau Toba.

Mereka mengikuti pelatihan ini untuk mengetahui dan memahami teknis dalam menolong korban kecelakaan di permukaan air Danau Toba.

“Melalui pelatihan ini, diharapkan semua peserta sudah memiliki kemampuan teknis dalam menolong korban kecelakaan sebelum Tim Gabungan Basarnas tiba di tempat kejadian,”ujar Budiono.

Dalam Pelatihan ini diharapakan juga berdampak kepada sektor pariwisata dan citra Danau Toba sebagai destinasi pariwisata yang aman bagi para pengunjung. Pembukaan pelatihan ini diresmikan oleh Wakil Bupati Toba, Tonny M Simajuntak, yang melakukan pemukulan gong sebanyak tiga kali.

Acara pelatihan potensi SAR teknis pencarian dan pertolongan di permukaan air dihadiri oleh General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Persero Danau Toba, Heru Wahyono, Kepala Koordinator Pos Sar Toba, Hisar Turnip.

Termasuk, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toba, dr. Pontas Batubara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kawasan Danau Toba, Danramil 11 Parapat Kapten Inf Ricad Pasaribu, Kapolsek Parapat AKP Jonni Silalahi, Kanit Polairud Markas Danau Toba, dan Kanit Polairud Polres Samosir.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 1,339 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay