Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Berpanorama Danau Toba, Tol Kuala Tanjung-Parapat Bakal Jadi “Scenic Tollroad”

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita

Berpanorama Danau Toba, Tol Kuala Tanjung-Parapat Bakal Jadi “Scenic Tollroad”

Medan, 2 Desember 2022 – Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat disebut-sebut bakal menjadi scenic tollroad (jalan tol dengan pemandangan indah) pertama yang dibangun oleh Pemerintah.

Dikutip dari Kompas.com, Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) Dindin Solakhuddin mengatakan, tol tersebut juga merupakan yang pertama dan terbaik yang dimiliki oleh Hamawas. “Di mana ruas kita itu diharapkan nanti bersinggungan langsung dengan tepi Danau Toba,” terang Dindin, Jumat (2/12/2022).

Dengan demikian, konsep scenic tollroad ini harus diwujudkan oleh Hamawas selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat. Selain berperan sebagai konektivitas andalan menuju Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, tetapi juga konsep ini merupakan keinginan Pemerintah.

Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat dirancang nantinya memiliki enam seksi dan satu junction.

Seksi 1  Tebing Tinggi-Inderapura, Seksi 2 Inderapura-Kuala Tanjung, Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan, Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar, dan junction Tebing Tinggi.

Keempat seksi dan junction ini merupakan porsi dari BUJT, dalam hal ini Hamawas. Sementara dua seksi lainnya yakni Seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok, dan Seksi 6 Seribudolok-Parapat merupakan dukungan Pemerintah.

Kedua seksi tersebut saat ini masih dalam tahap persiapan. Ruas ini juga sekaligus menghubungan beberapa kota dan kabupaten di Sumut yakni Kota Tebing Tinggi. Kemudian, Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Simalungun, Kota Pematang Siantar, dan Kabupaten Toba Samosir, serta pendukung pertumbuhan ekonomi di Sumut.

 199 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay