Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers : BPODT Dukung Warga Sigapiton Gotong Royong Untuk Sambut Wisatawan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

BPODT Dukung Warga Sigapiton Gotong Royong Untuk Sambut Wisatawan

Ratusan Warga Desa Sigapiton melakukan gotong royong membersihkan jalan sepanjang 2,3 km  menuju Desa Sigapiton.  Aksi gotong royong tersebut dipimpin langsung oleh kepala Desa Sigapiton, Hisar Butar-butar, Jumat, (3/10).

Aksi bersih-bersih desa tersebut merupakan inisiatif dari masyarakat desa dalam upaya mempersiapkan diri menjadi destinasi wisata. Gotong royong warga Desa Sigapiton juga didukung oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT)dan aparat Babinsa TNI setempat.

Hisar Butar Butar mengatakan bahwa aksi bersih-bersih desa ini merupakan inisiatif kesadaran masyarakat untuk bisa menyambut wisatawan yang berkunjung ke Sigapiton.

“Sekarang ini wisatawan mancanegara sudah berulang kali datang bekunjung ke Sigapiton, namun kami melihat bahwa mereka tidak lama singgah di desa ini, karena itulah maka kami mempunyai inisiatif untuk melakukan gorong royong agar desa ini bersih untuk memanfaatkan peluang agar wisatawan yang datang ke desa ini berkenan tinggal di desa ini dan pada akhirnya bisa menghasilkan uang bagi desa ini,” ujar Hisar.

Hisar mengatakan bahwa hampir setiap bulan puluhan wisatawan asing datang ke Sigapiton, maka  dia mengajak warga masyarakat untuk membersihkan desa dan juga menyiapkan atraksi agar para wisatawan bisa berlama-lama singgah di desa tersebut.

“Kami belum paham bagaimana menyambut wisatawan mancanegara, oleh karena itu kami masih perlu dilatih dan dibina, dan kami berterimakasih kepada BPODT yang telah memperhatikan kami dan telah mempersiapkan warga Desa Sigapiton menjadi pelaku-pelaku  pariwisata,” tambahnya.

Dirut BPODT berkesempatan berdiskusi dengan Kepala Desa dan warga masyarakat. Jimmy  mengatakan bahwa kegiatan gotong royong ini perlu dilakukan secara bekelanjutan agar Desa Sigapiton benar-benar siap menjadi Desa Wisata dan berharap agar masyarakat memanfaatkan peluang hadirnya wisatawan baik nusantara maupun mancanegara dan kelak dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sigapiton.

“Kami sangat senang dengan adanya inisiatif dari Desa Sigapiton untuk melakukan gotong royong ini. Kami siap mendukung Sigapiton menjadi Desa Wisata.  Mari bersama sama kita pelajari bagaimana pola Wisman ini datang ke Desa Sigapiton ini, kita harus berusaha membuat mereka terkesan dan kita harapkan mereka meninggalkan uang di desa ini dengan cara membeli produk lokal Desa Sigapiton,” ujar Jimmy.

Sigapiton adalah salah satu desa yang berada di sekitar Toba Caldera Resort. Desa Sigapiton sangat menarik karena posisinya menjadi penyangga antara Danau Toba dengan Toba Caldera Resort, sebuah kawasan pariwisata yang dikelola oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).

Desa Sigapiton mempunyai beberapa warisan budaya seperti rumah adat dan adat-istiadat, warga yang ramah dan religius. Desa ini akan menjadi jalur wisata  dari Danau Toba menuju Toba Caldera Resort. Kini Desa Sigapiton sedang berbenah menjadi Desa Wisata seiring dengan perkembangan kepariwisataan di sekitanya. Di Desa Sigapiton sudah ada Pokdarwis, sanggar seni budaya, listrik sudah tersedia, air bersih sudah tersedia, telekomunikasi sudah ada, sudah mempunyai beberapa homestay bahkan sudah mempunyai masterplan.

Warga Desa Sigapiton sudah banyak mendapat pelatihan-pelatihan seperti:  belajar membuat berbagai produk baik makanan maupun minuman, Pelatihan Sanggar seni budaya dengan menghadirkan pelatih, mengadakan pelatihan guide, pelatihan menanam dan bantuan bawang.

BPODT berharap dengan majunya Desa Sigapiton dan juga desa-desa yang ada di sekitar Toba Caldera Resort maka akan sangat mendukung Toba Caldera Resort menjadi destinasi pariwisata bertaraf internasional.

 133 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay