Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers : BPODT Gelar Konferensi Pers Trail of The Kings Zero Edition di Gelora Bung Karno

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

BPODT Gelar Konferensi Pers Trail of The Kings Zero Edition di Gelora Bung Karno

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) menggelar Konferensi Pers Trail of The Kings Zero Edition di Ruang Press Conference, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat 15 Maret 2024. Konferensi Pers tersebut digelar dalam rangka penyelenggaraan Lomba Lari Trail bertaraf internasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-5 Mei 2024 di Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara. Event tersebut diberi nama Trail of The Kings Zero Edition (TOTK).

Konferensi Pers Trail of The Kings Zero Edition berlangsungdi Ruang Press Conference,
Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta

Konferensi Pers TOTK dihadiri oleh perwakilan dari berbagai instansi/lembaga/industri/komunitas antara lain: Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kabupaten Samosir, serta komunitas pelari dan berbagai media.

Peserta Press Conference Trail of The Kings Zero Edition

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya melalui video memberikan apresiasi kepada BPODT yang akan menyelenggarakan TOTK serta mengajak semua pihak untuk menyukseskan TOTK tersebut.

“Mari sukseskan TOTK dan banggalah berwisata di Indonesia dengan semangat 3 G (Gercep, Geber, dan Gaspol) untuk membangkitkan ekonomi nasional melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga.

Direktur Utama BPOT Jimmy Bernano Panjaitan memberikan Kata Sambutan

Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan dalam sambutannya mengatakan bahwa Konferensi Pers ini memperkenalkan TOTK sebagai sebuah produk wisata yang merupakan narasi baru untuk mempromosikan dan memasarkan Danau Toba ke tingkat nasional maupun internasional.

“Kami memperkenalkan TOTK sebagai produk sport tourism berbasis ekowisata dan geowisata dengan memanfaatkan potensi Danau Toba yang luar biasa. Produk wisata ini dikemas dalam petualangan dan story telling melalui aktivitas di luar ruangan lainnya yang dapat dilakukan seperti trekking, cycling, dan kayaking. TOTK ini juga merupakan bagian dari narasi baru tersebut dan menjadi aktivasi dari produk wisata tersebut” ujar Jimmy.

Lebih lanjut Jimmy mengatakan bahwa TOTK Zero Edition akan menjadi event berkelas dunia.

“ Target kami, TOTK akan menjadi bagian dari Ultra Trail du Mont Blanc (UTMB) World Series, sebagai seri dunia lari trail yang paling bergengsi dan prestisius. Kami akan mengundang para elit runners dari dalam dan luar negeri untuk turut terlibat dalam event TOTK Zero Edition ini”, ujar Dirut BPODT tersebut.

Beberapa tamu undangan yang hadir memberikan sambutan dalam konferensi pers tersebut antara lain: Plt. Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga, Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Aris Darmansyah; Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan, Kemenko Marves, Kosmas Harefa;  Asisten Deputi Olahraga Masyarakat, Kemenpora, Suyadi Prawiro; Direktur Tata Kelola Destinasi, Kemenparekraf/Baparekraf, Florida Pardosi; Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony; serta Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang.

Wahyu Dito Galih Indharto, Elfridance Pardede, Aris Wismoyono dan Rudy Rohmansyah memberikan paparan

Tampil memberikan paparan TOTK Zero Edition yaitu: Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT, Wahyu Dito Galih Indharto, di dampingi Kepala Divisi Pemasaran Mancanegara BPODT, Elfridance Pardede, serta Brand Ambassaor TOTK Aris Wismoyono dan Race Director TOTK Rudy Rohmansyah. Wahyu Dito menjelaskan bahwa pengembangan TOTK sebagai produk wisata dan TOTK Zero Edition sebagai aktivasinya adalah upaya BPODT untuk menjadikan Danau Toba sebagai episentrum kegiatan di luar ruangan (outdoor activity) kelas dunia. Elfridence Pardede menambahkan bahwa event TOTK ini perlu dilakukan untuk mendapat lisensi UTMB sehingga TOTK bisa menjadi bagian dari UTMB World Series.

Event Lari Trail dimaksud akan berlangsung pada tanggal 4-5 Mei 2024 berpusat di Water Front City, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Lomba tersebut dibagi atas beberapa kategori yaitu: Lomba 5K, 10K, 20K, 25K hingga 50K. Event ini ditargetkan untuk diikuti oleh sebanyak 1500 peserta, baik dalam maupun luar negeri. Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 13 Maret 2024. Info selengkapnya dapat dilihat di situs https://run.trailofthekings.id/ serta https://www.instagram.com/run.totk.

Peserta foto bersama usai Konferensi Pers

Konferensi Pers TOTK Zero Edition berlangsung dengan baik atas kerjasama BPODT dengan Creation. Andre Ginting selaku pimpinan Creation merasa bangga dan gembira atas kehadiran seluruh undangan. Turut hadir dalam konferensi pers tersebut Plt. Direktur Keuangan, Umum, dan Komunikasi Publik BPODT, Arditama Nusantara Putra; Kepala Divisi Komunikasi Publik, Nelson Lumbantoruan;  serta staf BPODT. 

 223 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay