Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers : BPODT Kolaboraksi dengan Pemkab, TNI dan Masyarakat Bersihkan Jalan Dari Simpang Aek Natolu Menuju Kaldera

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

BPODT Kolaboraksi dengan Pemkab, TNI dan Masyarakat Bersihkan Jalan Dari Simpang Aek Natolu Menuju Kaldera

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) berkolaboraksi (Red- Kolaborasi, Aksi) dengan Pemerintah Kabupaten Toba (Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup), Camat Ajibata, Camat Lumbanjulu, TNI (Koramil Lumbanjulu) dan masyarakat Desa Pardamean Sibisa, Desa Parsaoran, Desa Aek Natolu Jaya melakukan gotong-royong bersama membersihkan jalan sepanjang  simpang Aek Natolu menuju kaldera pada hari Jumat, 1 Desember 2023.

Gotong royong yang diinisiasi oleh BPODT tersebut, dilakukan dalam rangka menyambut Natal, 25 Desember 2023 dan menyongsong Tahun Baru 2024.  BPODT berhasil menggerakkan beberapa pihak yang dianggap mempunyai kepentingan dan kepedulian untuk pembersihan jalan, memotong rumput dan mengangkut sampah di sepanjang jalan sekitar 5 kilometer mulai dari simpang Aek Natolu hingga simpang Bandara Sibisa.

Danramil 12 Lumbanjulu, Kapten Infantri Sati Husaini memimpin langsung anggotanya puluhan orang bergabung bersama warga desa yang telah berada di lokasi, ditambah dengan beberapa staf dari kantor Camat Ajibata, dan kantor Camat Lumbanjulu yag dipimpin langsung oleh Nainggolan. Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Toba menurunkan truk sampah dengan puluhan staf, Dinas PUPR menurunkan alat berat dan operatornya, demikian juga staf BPODT beramai-ramai ikut berbaur dengan masyarakat melakukan pembersihan jalan tersebut.    

Kapten Infantri Sati Husaini mengatakan bahwa kegiatan gotong royong ini merupakan bentuk kepedulian TNI dan memberikan motivasi serta dorongan semangat gotong royong kepada masyarakat.

“Aparat Babinsa dan Babinkamtbmas sebagai ujung tombak TNi selalu siap membantu masyarakat.  Melalui gotong royong bersama ini, diharapkan dapat menjalin tali asih dan komunikasi sosial dengan masyarakat, TNI peduli kepada masyarakat, TNI senantiasa siap memotivasi dan mendorong semangat masyarakat, dan ini adalah tugas pokok TNI,” imbuhnya.

Camat Lumbanjulu Esron Doloksaribu mengatakan kegiatan gotong royong ini mempunyai makna penting, selain untuk melakukan pembersihan, juga untuk menunjukkan kebersamaan.

“Terimakasih kepada BPODT yang mengisinisasi gotong royong ini. Kami memaknai bahwa gotong royong bersama ini adalah sebagai bentuk kebersamaan antara BPODT dengan pemerintah setempat dan masyarakat. Kita berharap agar BPODT terus menggalang kerjasama dengan pemerintah setempat dan masyarakat agar kemajuan yang diraih BPODT dapat dinaikmati oleh pemerintah setempat dan masyarakat, ujarnya.  

Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan menyambut gembira atas terlaksananya gotong royong bersama BPODT, Pemkab, Kecamatan, Desa dan Koramil. Bila selama ini jalan dari simpang Aek Natolu menuju Kaldera kurang terawat, namun setelah dilakukan gotong royong bersama, belukar dan sampah sudah bersih.

“Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan karena bersih itu indah. Kebersihan dan keamanan adalah hal utama yang harus kita jaga bersama. Kegiatan ini sangat bagus, saya berharap akan kita lakukan secara berkelanjutan karena juga bermaksud untuk mempererat tali silaturahmi antara BPODT. Pemerintah Daerah, TNI dan masyarakat,” ujarnya.

Setelah dilakukan gotong royong bersama, sepanjang jalan terlihat bersih, jalan mulus menuju Kaldera yang selama ini terganggu oleh belukar di sisi kiri dan kanan jalan, kini sudah tidak ada lagi. Kebersihan jalan dari simpang Aek Natolu menuju Kaldera yang dapat disaksikan sekarang adalah hasil kolaboraksi BPODT  dengan Pemkab Toba (Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup), Kecamatan Ajibata, Kecamatan Lumbanjulu, Koramil Lumbanjulu, Desa Aek Natolu Jaya, Desa Pardamean Sibisa dan Desa Parsaoran.

 147 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay