Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Ceremonial Start Danau Toba Rally 2023 Akan Berlangsung di Toba Caldera Resort

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Ceremonial Start Danau Toba Rally 2023 Akan Berlangsung di Toba Caldera Resort

Toba, 20 September 2023 – Sebanyak 42 pembalap akan mengikuti Danau Toba Asia Rally 2023. Danau Toba Rally 2023 direncanakan akan berlangsung tanggal 22 hingga 24 September 2023 di kawasan hutan industri, Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Para pereli tersebut berasal dari dalam dan luar negeri diantaranya adalah: pasangan Ijeck/Hervian Soejono dan Harun Nasution/Ferdinand Susanto dari tim Bla Bla Bla Motorsport, Ricardo Gelael/Gabriel Morales, Sean Gelael/Hugo Magalhaes dari tim Jagonya Ayam, Rihans Variza/Anthony Sarwono dari HRVRT Mitra Ford, serta Ryan Nirwan/Adi Indiarto dari Toyota Gazoo Racing Indonesia dan pereli lainnya, (dikutip dari Medan.Viva.co.id).

Mobil rally yang digunakan oleh para peserta di Kelas M1 seluruhnya sudah berspesifikasi internasional WRC 2 dan AP4, seperti Hyundai i20 R5, Citroen C3 R5, Ford Fiesta Rally 2, dan Skoda Fabia R5. Jadwal shakedown atau pengujian lintasan dan mobil reli digelar pada Selasa 19 September 2023, pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB di Aek Nauli.

Konferensi Pers dengan peserta akan dilaksanakan, Kamis, 21 September 2023, pukul 16.00 WIB di Marianna Resort & Convention, Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir. Kemudian, dilanjutkan Welcome Lunch dan Briefing Peserta di tempat yang sama.

Panitia lomba, Elwin Siregar menjelaskan bahwa pihaknya, sudah mempersiapkan dengan baik segala kebutuhan yang diperlukan dalam perlombaan nanti.

“Kami sudah mematangkan segala persiapan teknis agar acara terselenggara dengan sukses dan kami sudah siap 100 persen,” ucap Elwin Siregar dalam keterangan tertulis, Selasa 19 September 2023.

Elwin mengatakan bahwa event ini melibatkan 320 orang marshal, 50 panitia penyelenggara dan sekitar 200 personil pengamanan dari Kepolisian dan TNI serta diliput oleh berbagai media lokal, nasional maupun internasional.

“Gelaran Danau Toba Rally 2023, sekaligus Reli Nasional putaran ke-3 ini, merupakan rangkaian ajang sport tourism, guna mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi wisata superprioritas, sehingga dapat menggaet turis lokal dan mancanegara,” jelas Elwin.

Ceremonial start Danau Toba Rally 2023 akan berlangsung pada hari Jumat, 22 September 2023, pukul 16.00 WIB bertempat di Toba Caldera Resort, Sibisa, Kabupaten Toba. Toba Caldera Resort adalah sebuah kawasan wisata yang dikelola oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).

Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan menyambut gembira acara pembukaan Danau Toba Rally 2023 yang akan berlangsung di Toba Caldera Resort  Toba Caldera Resort dan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada IMI Sumut yang secara konsisten menyelenggarakan rangkaian rally nasional dan internasional di Kawasan Danau Toba. Ini sesuai dengan arahan Menparekraf Mas Sandi Uno yang tak bosan menyampaikan bahwa event internasional mampu pulihkan jumlah kunjungan wisman, mengingat setelah pandemi, jumlah kunjungan wisman ke Sumut, khususnya Danau Toba, belum sepenuhnya pulih seperti di Bali ataupun Jakarta.

“Perlu kita perbanyak event-event berkelas internasional di Danau Toba. Kemarin sudah ada event internasional F1 Powerboat dan nanti di November akan ada Aquabike World Championship, adanya Asia Pasific Rally Championsip tentu akan menambah atensi masyarakat global ke Danau Toba yang pada akhirnya akan meningkatkan kunjungan wisman dan mendorong kebangkitan ekonomi lokal” ujar Jimmy.

Balapan reli akan berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu 23 – 24 September 2023, akan dimulai pukul 07.00 WIB. Para pereli akan menaklukkan 8 Special Stage (SS) di Negeri Dolok, Huta Tonga, dan Tobasari Gorbus dengan total jarak tempuh 345,65 kilometer.

Nelson Lumbantoruan

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 227 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay