Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Danau Toba Kejurnas Rally 2022 Berakhir, Omset UMKM Sekitar Parapat Naik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

 

Danau Toba Kejurnas Rally 2022 Berakhir, Omset UMKM Sekitar Parapat Naik

Simalungun, 9 Agustus 2022 – Sejak Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2022 dibuka sejak Kamis (5/8) hingga hari Minggu (7/8) membuat kebahagian bagi para pelaku umkm, khususnya dibidang kuliner di Kawasan Kota Parapat, Kabupaten Simalungun. Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah mengatakan tujuan Danau Toba Kejurnas Rally 2022 adalah untuk membangkitkan ekonomi masyarakat setempat.

 

 

Dikutip dari diskominfo.sumutprov.go.id bahwa Pemilik Rumah Makan Resep Bunda Silaturrahim di Parapat mengakui penaikan tersebut, Angga. Ia mengaku pihaknya menerima orderan lebih banyak sejak hari Kamis dan meningkat sampai akhir pekan ini hingga mencapai 60%. “Hari Kamis sudah mulai banyak pesanan meningkat sekitar 30% dibandingkan hari biasa. Kemudian meningkat saat pembukaan Rally yang diadakan di Terminal Sosor Saba, Parapat pada hari Jumat dan meningkat sampai 60% di akhir pekan,” katanya.

 

Angga mengaku mendapat orderan nasi kotak dari beberapa instansi pemerintahan, mulai dari Polsek Parapat yang juga terlibat dalam penjagaan Danau Toba Kejurnas Rally hingga berbagai instansi lainnya. “Banyak juga saya lihat yang makan itu tim dari peserta rally, karena saya kenal mana konsumen lokal dan dari luar,” ujar Angga.

 

Ia mengaku senang dan menyambut baik gelaran Danau Toba Kejurnas Rally dan event-event lain yang digelar di Kawasan Danau Toba karena selain meningkatkan omset jualannya, juga bisa membantu warga lain. “Kalau orderan meningkat, biasanya kami tambah SDM untuk membantu. Jadi selain memberi keuntungan untuk kami juga memberi manfaat ke orang lain yang butuh uang tambahan,” katanya sembari berharap APRC dan WRC bisa kembali dilaksanakan.

 

Tak jauh dari Rumah Makan Resep Bunda Silaturrahim, pedagang produk jajanan roti ketawa, Waka-Waka, Ayu mengatakan dagangannya berupa roti ketawa yang biasa untuk oleh-oleh dengan tiga varian rasa, pandan, durian dan original, banyak dibeli oleh wisatawan serta para tim dari peserta rally.

 

“Alhamdulilah, efek dari adanya event rally ini pengasilan lebih tinggi, pemasukan Rp 1 juta per hari, naik mulai Kamis sampai hari ini capai 80%. Kami berharap event-event lain bisa hadir di sini biar jualan kami bisa lebih laris. Selama jualan di sini, yang paling besar saat acara kemari W20 dan Kejurnas Rally ini,” katanya, sembari mengatakan Waka-Waka baru hadir sekitar tiga bulan di Parapat sebelumnya sudah ada di Pematang Siantar,” kata Ayu.

 

Hal sama juga disampaikan oleh Pemilik Warung Ringo Star di Panatapan Parapat, Sautman Siringo Ringo. Pembeli di warung yang menjual kopi, beragam minuman dan mie instan yang buka 24 jam ini mengaku omset meningkat sampai 50% selama gelaran Danau Toba Rally. “Lumayan naiklah dari hari biasanya. Kami di sini buka 24 jam, banyak pengunjung dan tim peserta rally mampir untuk melihat view Danau Toba sambil minum dan makan mie. Mereka datang untuk istirahat juga,” katanya.

 

Meski ramai, Sautman mengaku tidak pernah menaikkan harga dagangannya agar customer bisa kembali lagi saat mengunjungi Danau Toba. “Meski nanti acara APRC atau WRC yang datang orang-orang luar negeri, kami pun gak akan naikkan harga. Kita harus ramah dan tidak mencari kesempatan, harus jadi tuan rumah yang baik,” ujarnya.

 

Dari tempat terpisah, Jimmy Bernando Panjaitan Dirut BPODT mengapresiasi dengan omset yang dimiliki oleh pelaku UMKM sejak Kejurnas tersebut berlangsung naik. Dirut BPODT  menjelaskan kegiatan ini sudah masuk dalam Calender of Event Danau Toba 2022. Dengan kegiatan-kegiatan yang berlangsung di Danau Toba dapat membangkitkan kemajuan pariwisata dan umkm/ekonomi kreatif. Dengan demikian dapat kesejahteraan masyarakat di Danau Toba meningkat. “Tujuan memperbanyak event di Danau Toba diharapkan untuk membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja di Kawasan Danau Toba” ujar Jimmy.

 

Anderson Situmeang

Kadiv Komunikasi Publik BPODT

 171 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay