Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Dirut BPODT Apresiasi Kegiatan “Semesta Dairi Memanggil”

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Dirut BPODT Apresiasi Kegiatan “Semesta Dairi Memanggil”

Jakarta, 3 Juni 2022 – Bupati Kabupaten Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu meluncurkan program “Semesta Dairi Memanggil : Dairi Goes International” di Hotel Pakuwon Tower Jakarta, Kamis (2/6).

Acara Semesta Dairi Memanggil tersebut merupakan tahap awal untuk membuka rangkaian acara dengan tujuan memperkenalkan Dairi dengan berbagai kekayaan alam, budaya dan masyarakatnya yang selama ini tidak begitu terdengar. Kegiatan tersebut antara lain yaitu: Workshop Menulis melibatkan 100 siswa, promosi kain tenun Ulos, Konservasi Ikan Purba (IHAN) di Tao Silalahi, Parade dan  Pameran Budaya, berbagai aktifitas seperti  untuk promosi kopi dan Dairi-Toba International Writers Festival.

Eddy mengatakan Kabupaten Dairi dihuni oleh berbagai macam etnis yang beragam seperti Pakpak, Toba, Karo, Simalungun, Mandailing, Nias, Minang, Aceh, Jawa dan Tiong Hoa.

“Etnis tersebut merupakan warisan budaya bangsa yang bernilai luhur yang membentuk identitas Kabupaten Dairi. Berbagai potensi wisata alam dan budaya ini yang merupakan aset yang sangat potensial untuk pengembangan kepariwisataan,” ujarn Eddy.

Dalam mengembangkan potensi besar ini, Bupati Eddy mengatakan ada berbagai upaya telah dan sedang dilakukan.  Dia mengatakan, Semesta Dairi Memanggil  merupakan suatu program penguatan destinasi pariwisata dan kebudayaan dengan cara menerapkan konsep promosi pariwisata yang kreatif, dengan terobosan baru, dan bisa mewujudkan semangat G20.

Dia mengatakan, cara yang paling tepat dan disukai para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara saat ini adalah dengan memadukan berbagai atraksi dengan amenitas. “Antara bercerita dengan menarik tapi juga secara riil ada produk yang bisa dilihat, dirasa, dialami dan dinikmati,” katanya.

Direktur Utama BPODT Jimmy Bernando Panjaitan mengapresiasi terhadap kabupaten
Kabupaten Dairi yang sangat totalitas dalam membangun kualitas masyarakat Dairi melalui kebijakan besar termasuk dalam pengembangan pariwisata dan SDM.

“Secara pribadi saya sangat mengapresiasi program-program “Semesta Dairi Memanggil”, Ini adalah seruan untuk mengajak wisatawan lokal dan mancanegara untuk membangun Dairi dan Danau Toba, saya juga melihat ada program Dairi unggul, intrepreneur inkubasi yang sangat serius dijalankan, apalagi saya sangat senang banyak event-event di Dairi yang besar-besar, misalkan Seribu tenda dan pesta Tao Silalahi yang sangat konsisten mengundang daya tarik pengunjung mancanegara, seperti nya saya akan banyak meniru program Bupati terkait komunitas anak muda” Ujar Jimmy disambut tepuk tangan tamu undangan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Ketua Women-20 (W20) Hadriani Uli Silallahi, Ketua Masyarakat Adat Pakpak, Yayasan Aur Dairi Menenggol dan para undangan.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 167 total views

Crisis Center BPODT
Crisis Center BPODT

Leave a Replay