Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers : Dirut BPODT Beraudiensi Kepada Ephorus HKBP, Sepakat Lanjutkan Kerjasama

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Dirut BPODT Beraudiensi Kepada Ephorus HKBP, Sepakat Lanjutkan Kerjasama

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy Bernando Panjaitan beraudiensi kepada Pucuk Pimpinan HKBP dan diterima oleh Ephorus HKBP di Kantor Pusat HKBP, Pearaja Tarutung ( Rabu, 10/1).

Dirut BPODT didampingi beberapa direktur, kepala divisi serta staf dan juga bersama seorang sutradara film Agustinus Sitorus. Rombongan diterima oleh diterima oleh Ephorus HKBP Pendeta Dr. Robin Butarbutar didampingi Kepala Biro Pembinaan, Pendeta Dr. Enig Aritonang.

Dalam audiensi tersebut, Dirut BPODT menyampaikan bahwa audiensi dilakukan dalam rangka merayakan Tahun Baru 2024 serta membahas berbagai kerjasama lanjutan antara BPODT dengan HKBP.

“ Saya sebagai pimpinan BPODT menyampaikan Selamat Tahun Baru kepada Ephorus HKBP dan  jajarannya, dan juga membahas berbagai kegiatan serta sepakat melanjutkan kerjasama BPODT dengan HKBP,”ujar Jimmy.

Lebih lanjut Jimmy Panjaitan menyampaikan bahwa sudah ada Memorandum of Understand antara BPODT dengan HKBP dan beberapa kerjasama sudah dilakukan selama ini antara lain: pelatihan mengukir, pelatihan kerajinan, pelatihan kuliner, pelatihan pelayanan hotel, dan pelatihan ekonomi kreatif lainnya dan untuk tahun 2024 ini beberapa kerjasama yang dibahas antara lain: dukungan pengembangan Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit menjadi destinasi wisata, menjadi pusat kegiatan pemuda, pusat pelatihan ekonomi kreatif, menyelenggarakan festival Koor, pembuatan film.

Pada kesempatan tersebut Jimmy Panjaitan  juga menjelaskan bahwa BPODT telah membuat Masterplan Kawasan Pariwisata Desa Sigumpar. Masterplan tersebut merekomendasikan Desa Sigumpar sebagai Destinasi Wisata Rohani karena di desa tersebut terdapat makam Missionaris Dr.I.L.Nommensen dan beberapa warisannya yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata.

Ephorus HKBP, Pendeta Dr. Robinson Butarbutar menyambut gembira audiensi Dirut BPODT dan jajarannya ke Kantor Pusat HKBP dan menyatakan bahwa HKBP siap melanjutkan kerjasama dengan BPODT.

“Kami menyambut gembira kehadiran Dirut BPODT dan jajarannya ke Kantor Pusat HKBP dan berterima kasih atas kerjasama yang telah dilakukan selama ini dan kami juga berharap agar kerjasama HKBP dengan BPODT dilanjutkan di tahun 2024 ini, ujar Ephorus”

Lebih lanjut Ephorus HKBP menjelaskan bahwa tahun 2024 ini HKBP mengangkat tema: Oikumene Inklusif, artinya HKBP mengajak warga untuk berpikir dan bersikap inklusif, tidak hanya sesama warga Kristen saja, tidak hanya sesama manusia tetapi untuk semua ciptaan Tuhan. Orang Batak tidak ekslusif tetapi  egalitarian, mempunyai tatanan masyarakat yang memiliki komitmen persamaan hak, mempunyai kesempatan yang sama untuk meraih kesejahteraan dan kebahagiaan.

Perihal Masterplan Kawasan Pariwisata Desa Sigumpar, Ephorus HKBP menyampaikan terimakasih kepada BPODT. Ephorus berharap agar masterplan tersebut dapat ditindaklanjuti oleh para pemengku kepentingan agar kelak Desa Sigumpar yang merupakan lokasi Makam Dr. I.L.Nommensen dan beberapa warisan lainnya dapat tujuan Wisata Religi.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Agustinus Sitorus, seorang sutradara film yang sudah membuat beberapa film lokal seperti: Pariban, Anak Medan, Harta Tahta dan Boru Ni Raja. Kepada Ephorus HKBP, Dirut BPODT menjelaskan bahwa Agustinus Sitorus sebagai seorang putra Batak yang mempunyai keahlian di bidang film diajak untuk turut aktif mendukung pengembangan Danau Toba melalui pembuatan film karena film merupakan salah satu sarana yang sangat potensial untuk memperkenalkan Danau Toba kepada masyarakat luas.

Agustinus menjelaskan bahwa beliau sedang mempersiapkan sebuah film layar lebar yang berjudul: Bahasa Cinta Nommensen. Fim ini adalah film anak muda dengan mengambil nama Nommensen.  namun bukan berisi tentang sejarah Nommensen. Pemilihan nama Nommensen dilakukan dalam rangka menginspirasi anak-anak muda untuk mengenal jasa besar Missionaris Nommensen kepada orang Batak. “ Skenario fim ini sudah jadi, survei lokasi sudah dilakukan , perekaman akan dilakukan selama bulan Januari dan Februari dan pertengahan tahun 2024 ini siap tayang di bioskop” ujarnya.

Lebih lanjut Agustinus menguraikan beberapa lokasi yang akan dijadikan sebagai lokasi syuting antara lain: Salib Kasih, Gereja Dame Sait ni Huta, Kantor Pusat HKBP, Rumah Doa Seminari Sipoholon, Makam Dr.I.L.Nommensen, Kampus Bibel Vrow, Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit, dan beberapa tempat di Kecamatan Muara.

Ephorus HKBP menyambut gembira pembuatan film yang dibuat oleh PIM Pictures pimpinan Agustinus Sitorus tersebut dan siap merekomendasikan semua lokasi milik HKBP.

Pada bagian akhir pertemuan tersebut, PIM Pictures dan Ephorus HKBP membuat Memorandum of Understand yang ditandatangani oleh Agustinus Sitorus sebagai Direktur PIM Pictures dan Pendeta Dr.Robin Butarbutar sebagai Ephorus HKBP dan disaksikan oleh Direktur Utama BPODT Jimmy Bernando Panjaitan. 

Turut hadir mendampingi Dirut BPODT dalam audiensi kepada Ephorus HKBP antara lain:  Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Raja Malem Tarigan, Direktur Pemasaran Wahyu Dito Galih Indharto, Kepala Divisi Komunikasi Publik Nelson Lumbantoruan, Kepala Divisi Pemasaan Nusantara Barry Tampubolon, Kepala Divisi Amenitas Siswanto Sinambela, Kepala Divisi Umum Mosanda Tampubolon, Gito Marnakkok Pardede, Rini Hutahaean.

 

 643 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay