Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional, Menparekraf Buka Toba Jou Jou Festival 2022

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

SIARAN PERS:

BADAN PELAKSANA OTORITA DANAU TOBA

DORONG PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL, MENPAREKRAF BUKA TOBA JOU JOU FESTIVAL 2022

Samosir, 17 Oktober 2022 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuka Kegiatan Toba Jou Jou Festival 2022 secara onlin. Pembukaan ini ditandai dengan pemukulan tagading oleh Bupati Samosir, Anggota Komisi 11 DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, Kepala Perwakilan BI Sumut dan Direktur Destinasi Pariwisata BPODT beserta Forkopimda kabupaten Samosir  secara offline di kegiatan Toba Festival Jou-Jou 2022 yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan (KPw) BI Sibolga, Senin (17/10/2022) di kampung ulos Huta Raja, Desa Lumban Suhi Suhi, kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Menparekraf Sandiaga Solahuddin Uno yang hadir secara virtual dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengembangan destinasi wisata yang didukung potensi UMKM lokal sangat diperlukan dalam upaya pemulihan ekonomi dan pendapatan devisa.

“Sebagai upaya kontribusi dalam pemulihan ekonomi, promosi perdagangan nasional, kontribusi dalam mendukung Presidensi G20 Indonesia,  gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia melalui pengembangan wisata dan UMKM, maka kegiatan Toba Joujou Festival 2022, secara resmi saya buka,” ujar Sandiaga Uno.

Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gerakan Nasional Bangga Berwisata (GBWI) #dilndonesiaAja, serta Presidensi G20 Indonesia untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi covid 19 yang berangsur semakin membaik di Indonesia.

Di dalam Toba Jou Jou Festival terdapat beberapa rangkaian acara seperti Toba Jou Jou Show, Toba Jou Jou Fair, dan Toba Jou Jou Forum yang berupa sosialisasi dan kampanye pengembangan Desa Wisata, Hilirisasi Produk Tenun Ulos, serta Dukungan Ekspor yang turut menghadirkan fashion show kolaborasi antara KPW BI.

Sibolga dan Wignyo Rahadi seorang Desainer Nasional yang menampilkan produk kain unggulan UMKM binaan dan mitra. Rangkaian acara Toba Jou Jou Festival. Penyelenggara Toba Jou Jou Festival 2022 adalah Bank Indonesia Perwakilan Sibolga.

“Festival ini sekaligus menyemarakkan Hari Ulos Nasional 2022,” ungkap Kepala BI Sibolga Yuliansah Andrias sembari menjelaskan tujuan Toba Jou Jou 2022 antara lain sebagai upaya pemulihan ekonomi dan promosi perdagangan melalui dukungan pada pariwisata dan UMKM di berbagai sektor potensial.

Menurut Gus Irawan Pasaribu, hal ini dapat menjadi penggerak pelaku UMKM dan pelaku wisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

“Cara ambil bagiannya antara lain seperti yang diinisiasi oleh Bank Indonesia ini menggerakkan UMKM dan pelaku wisata yang ujungnya adalah penghasilan devisa bagi negara,” tandas Anggota Komisi XI DPR RI H. Gus Irawan Pasaribu.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dan akan ditutup pada tanggal 18 Oktober 2022, Jou Jou Festival merupakan salah satu flagship event yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga yang bersinergi dengan beberapa stakeholder seperti Kementerian Pariwisata, Pemerintah kabupaten Samosir, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Bank BRI, Bank BNI serta beberapa UMKM yang ada di kawasan Danau Toba.

Dari tempat terpisah Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan bahwa Mengapresiasi kegiatan Jou-Jou Festival yang dilaksanakan di Samosir. Kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi dalam pemulihan ekonomi dan pengembangan wisata dan UMKM di kawasan Danau Toba.

Festival ini juga akan dimeriahkan oleh musisi nasional yang akan menghibur pengunjung Toba Jou Jou Festival 2022 seperti Viky Sianipar dan Marsada Band.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 847 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay