Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Dukung Desa Sigapiton, Dirut BPODT Diskusi Dengan Kepala Desa dan Pokdarwis

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Dukung Desa Sigapiton, Dirut BPODT Diskusi Dengan Kepala Desa dan Pokdarwis

Selasa, 26 September 2023 – Dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata di Desa Sigapiton, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy Bernando Panjaitan   berdiskusi dengan Kepala Desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sigapiton bertempat di Nom-Addict Cafe and Kitchen, Toba Caldera Resort. Dirut BPODT didampingi Direktur Pemasaran, Wahyu Dito Galih Indharto, Kepala Divisi Pemasaran Mancanegara, Elfridance Pardede.

Dirut BPODT diskusi dengan Kepala Desa dan Pokdarwis Desa Sigapiton

Dalam diskusi tersebut, Jimmy mengatakan bahwa masyarakat harus sepakat untuk mengembangkan pariwisata di Desa Sigapiton. Pemerintah dan stakeholder sudah banyak memberikan bantuan ke Desa Sigapiton, khususnya untuk pengembangan pariwisata, maka diharapkan agar semua warga sepakat untuk mendukung pengembangan pariwisata di Desa Sigapiton. Kesepakatan ini penting sebagai komitmen bahwa seluruh warga siap mendukung Desa Sigapiton sebagai Desa Wisata.

“ Saya berharap agar masyarakat sepakat untuk mengembangkan Desa Sigapiton sebagai Desa Wisata. Hal utama yang harus dijaga adalah keamanan dan kebersihan. Keamanan yang saya maksud bukan hanya keamanan fisik, tetapi juga kenyamanan hati wisatawan. Selain keamanan, yang harus dijaga adalah kebersihan lingkungan. Oleh karena itu saya berharap  agar warga dapat membuat kesepakatan bahwa mereka siap mendukung pengembangan pariwisata Desa Sigapiton” ujarnya.

Bentang Alam Desa Sigapiton

Direktur Pemasaran Pariwisata, Wahyu Dito Galih Indharto memberikan saran kepada Kepala Desa dan Pokdarwis Desa Sigapiton agar setiap dusun membuat 1 atraksi wisata. Dito mengatakan bahwa semakin banyak atraksi wisata, maka akan semakin banyak daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung.

Rumah Adat di Desa Sigapiton

Kepala Desa Sigapiton, Hisar Butar-butar mengaku bahwa Desa Sigapiton sudah menerima bantuan dari pemerintah dan stakeholder lainnya dan akan memanfaatkannya dengan baik untuk mengembangkan  Desa Sigapiton menjadi Desa Wisata.

“Desa Sigapiton sudah menerima bantuan dari pemerintah dan stakeholder lainnya, dan siap untuk mengembangkan Desa Sigapiton menjadi Desa Wisata”, ujarnya.

Dermaga di Desa Sigapiton

Desa Sigapiton berada di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara. Desa Sigapiton sangat menarik karena posisinya di pinggiran Danau Toba dan dikelilingi oleh perbukitan.  Masyarakat Desa Sigapiton pada umumnya bekerja sebagi petani, selain itu ada juga sebagai nelayan.

Letak Desa Sigapiton sangat strategis karena menjadi penyangga antara Danau Toba dengan Toba Caldera Resort, sebuah kawasan pariwisata yang dikelola oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT). Desa Sigapiton mempunyai beberapa warisan budaya seperti rumah adat dan adat-istiadat, warga yang ramah dan religius.

Masterplan Desa Sigapiton

Dermaga sudah dibangun yang merupakan jalur perjalanan dari Danau Toba menuju Toba Caldera Resort, sudah ada Pokdarwis, sudah ada Sanggar Budaya, sudah mempunyai masterplan, listrik sudah tersedia, air bersih sudah tersedia, telekomunikasi sudah ada,  sudah mempunyai gedung seni budaya, sudah mempunyai beberapa homestay, sudah banyak warga yang mendapat pelatihan-pelatihan seperti:  belajar membuat berbagai produk baik makanan maupun minuman, Pelatihan Sanggar seni budaya dengan menghadirkan pelatih, mengadakan pelatihan guide, pelatihan menanam dan bantuan bawang.

Nelson Lumbantoruan

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 332 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay