Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Dukung Event F1H2O Power Boat, InJourney Dorong Pembangunan Infrastruktur di Danau Toba

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Dukung Event F1H2O Power Boat, InJourney Dorong Pembangunan Infrastruktur di Danau Toba

Jakarta, 12 Desember 2022 – Holding BUMN Pariwisata InJourney bakal menggenjoot pembangunan infrastruktur di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Hal ini dilakukan guna mendukung event F1H2O Power Boat yang akan digelar pada 24-26 Februari 2023 di Danau Toba.

Dikutip wartaekonomi.co.id, menurut Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan, untuk mendukung pariwisata, pihaknya memastikan infrastruktur dan akomodasi, termasuk pembangunan Hotel Grand Ina Parapat, menjadi hotel bingtang lima.

“Kita juga membangun glamping di Danau Toba dan kita akan bangun lokasi atrasksi, water sport. Dengan pengembangan destinasi, dan event-event di Danau Toba, diharapkan menjadi daya tarik pariwisata kedepannya,” kata DOny di Sarinah, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Menurut Dony, untuk kesiapan bandara Silangit pihaknya memastikan sudah dikordinasikan dengan maksimal. Ini termasuk ketersediaan akomodasi (hotel) sebanyak 1.200 kamar.

“1.200 kamar itu kita alokasikan. Supaya tidak terjadi (kenaikan) harga seperti yang selama ini terjadi, dengan begitu, harga lebih terkendali, dan orang tidak kapok untuk datang. Kita juga menargetkan kapal Feri untuk sebagian penonton yang tinggal di Parapat, menuju ke Bali G. Kita pastikan operastionalnya bisa berjalan baik,” tegasnya.

Dalam gelaran ini, InJpurney menargetkan sebanyak 25.000 pengunjung yang akan menghadiri.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Marketing InJourney Maya Watono mengungkapkan bahwa event F1 Power Boat sebelumnya dilaksanakan di 39 negara, dan Indonesia menjadi negara ke-40 yang menggelar kegiatan tersebut. Pihaknya pun akan terus mendorong pengembangan infrastruktur di kawasan tersebut, untuk mencapai target pengunjung tersebut.

“Infrastruktur sangat dibutuhkan untuk para turis. Ini lebih dari sekedar event, tapi membuat infrastruktur dimana tujuan akhirnya adalah pemerataan ekonomi,” terangnya.

Maya menuturkan bila untuk mendukung infrastruktur setempat, pihaknya juga berkordinasi untuk persiapan Bandara Silangit yang mempu menjangkau kawasan event dengan estimasi jarak tempuh 30 menit. “Kita juga mempersiapkan infrastruktur untuk menuju ke area event dan kita akan memperbaikinya. Kita kedepannya juga akan mengembangkan kawasan untuk water sport,” lanjut Maya.

Maya optimis pembangunan infrastruktur akan bisa dikebut hingga dua bulan kedepan. Termasuk dalam pengadaan akses, infrastruktur, dan hotel. Maya mengatakan pihaknya akan menyediakan 1.300 kamar, juga akan membuat kawasan glamping dan homestay.

“Persiapan race sudah on progress, dan ini sangat compplicated karena pertama kalinya. Kita akan pastikan akses container melalui bandara sampai ke lokasi. Sementara untuk menampung penonton kita siapkan 1.500 (tempat duduk) di tribun, tapi kita siapkan juga satu titik lokasi lagi di hill,” lanjutnya.

Anderson Situmeang
Kepala Divisi Komunikasi Publik

 843 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay