Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Dukung Pariwisata Danau Toba, Pemerintah Gelar Rakornas Pengembangan Lima DPSP

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Dukung Pariwisata Danau Toba, Pemerintah Gelar Rakornas Pengembangan Lima DPSP

Toba, 21 Desember 2022 – Dalam mendorong Pariwisata Indonesia khususnya di Danau Toba Kemenko Marves menggelar Rapat Koordinasi Nasional Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Sesmester 2 Tahun 2022 di Toba Caldera Resort.

Rakornas ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, (Rabu, 21-12-2022). Adapun tema Rakornas kali ini adalah “Bangga Berwisata di Indonesia: Penguatan Peran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Rakornas ini bertujuan sebagai bahan evaluasi kinerja pariwisata tahun 2022 untuk mendorong dan meningkatkan wisatawan nusantara (wisnus) khususnya pada lima DPSP, yaitu Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.

Menko Luhut menyampaikan bahwa perbaikan kinerja pariwisata 2022 ditopang aktivitas wisata nusantara dengan pertumbuhan akomodasi dan makan minum yang meningkat, serta mobilitas di atas baseline Januari 2022. Adapun ekonomi Indonesia diperkirakan mampu tumbuh di atas 5 persen pada 2023. Hal ini dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan nasional ke luar negeri.

“Untuk pengembangan 5 DPSP, sekarang kami akan melakukan rapat di Jakarta. Semua investor dan mining investor wajib mementingkan aspek lingkungan. Kedua, dia harus membina UMKM daerah dan seluruh Indonesia terutama 5 DPSP. Ketiga masalah kebersihan, jorok tidak ada gunanya. RDF kalian buat, saya minta kepada Bupati. Keempat pendidikan itu penting,” ujar Menko Luhut.

Menko Luhut menyarankan kepada seluruh UMKM yang ada di daerah tidak hanya menyediakan makanan ataupun pakaian, namun juga menyediakan berbagai jenis barang lainnya yang dapat ditawarkan kepada masyarakat, seperti teknologi dan sebagainya.

Dalam kegiatan Rakornas tersebut turut hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Menparekraf Sandiaga menyampaikan bahwa pada 2023 mendatang, Kemenparekraf telah menyusun beberapa program pengembangan destinasi dan infrastruktur yang meliputi 3A (Atraksi, Akses, dan Amenitas), desa wisata, infrastruktur ekonomi kreatif, pengelolaan sampah, fasilitas BOP, bimtek destinasi, dan pendampingan assesment DAK bidang Pariwisata.

“Tiga capaian utama pengembangan lima DPSP tahun 2022 meliputi penguatan aksesibilitas dan amenitas berupa pembangunan infrastruktur fisik berupa jalan, bandara, pelabuhan, sanitasi, air bersih, dan penataan kawasan oleh Kementerian PUPR. Kemudian, pengembangan ancillary yang meliputi tersusunnya pengelolaan dan pemanfaatan aset. Per 7 Desember 2022, telah diserahterimakan dua aset KSPN Labuan Bajo. Selain itu, capaian lainnya adalah pengembangan atraksi yang meliputi kolaborasi penyelenggaraan event internasional balap F1 powerboat di Danau Toba yang akan dilaksanakan pada Februari 2023,” jelas Menteri Sandiaga Uno.

Menparekraf Sandiaga Uno juga menambahkan bahwa pada tahun 2023 akan ada berbagai event nasional maupun internasional, seperti F1H2O yang dilaksanakan di Danau Toba, Asean tourism Forum 2023 di Borobudur, MXGP di Mandalika, Parade Pesona Kebangsaan di Labuan Bajo, dan Likupang Tourism Festival 2023.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Abdullah Azwar Anas menjelaskan bahwa pemerintah akan melakukan alternatif untuk mendorong peningkatan pariwisata.

“Dalam hal ini diperlukan mengoptimalisasi libur-libur nasional yang jatuh pada akhir pekan, maka dapat diusulkan penambahan cuti bersama pada sebelum/setelah hari libur nasional atau menambah cuti bersama pada hari kejepit. Akan dikaji kembali” ujar Menteri Anas.

Dalam mendorong pengembangan lima DPSP, Kemenpan-RB telah menyusun beberapa kebijakan yang meliputi penguatan protokol kesehatan yang telah diterbitkan melalui SE Menteri PANRB No. 17 Tahun 2021, ketentuan cuti dan bepergian dengan tidak lagi dilakukan pembatasan bepergian dan cuti bagi pegawai ASI yang tertuang pada PermenPANRB No. 9 Tahun 2022, dan optimalisasi penggunaan produk dalam negeri dan UMKK melalui SE No. 12 Tahun 2022.

Selanjutnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan bahwa pemulihan ekonomi dan pariwisata membaik hingga triwulan III dan triwulan IV pada tahun 2022.

“Proyeksi pertumbuhan ekonomi mencapai 5,4 persen pada tahun 2022. Hal ini didorong oleh perbaikan kesehatan nasional, hari libur nasional terutama yang jatuh di long-weekend, dan penyelenggaraan rangkaian event G20,” ujar Menteri Suharso.

Dalam Rakornas Lima DPSP Semester 2 Tahun 2022 dihadiri juga oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Menpar RB Abdullah Azwar Anas, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Suharso Monoarfa, dan para Bupati kawasan danau toba.

 717 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay