Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Dukung Pengembangan Pariwisata Danau Toba, Bappelitbang Provsu Adakan Rakor di Toba Caldera Resort

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Dukung Pengembangan Pariwisata Danau Toba, Bappelitbang Provsu Adakan Rakor di Toba Caldera Resort

Toba, 7 September 2023 – Dalam rangka mendukung pengembangan Pariwisata Danau Toba, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara ( Bappelitbang Provsu) mengadakan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Kebijakan Pembangunan Manusia Dukungan Pendidikan Menengah Kejuruan/ Vokasi KSPN Danau Toba. Rakor tersebut berlangsung pada hari Kamis, 7 September 2023 bertempat di Toba Caldera Resort.

Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diundang dalam Rakor tersebut antara lain: Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan, Kesbangpol, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Badan Kesatuan Bangsa, Dinas Kesehatan, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Biro Kesra, BPKAD, BPODT.

Kepala Bapalitbang Provsu, diwakili Ika Hardina Lubis sebagai Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia mengatakan bahwa Rakor tersebut dilakukan dalam rangka mensinkronkan kebijakan-kebijakan untuk pembangunan manusia khususnya di sektor pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

“Rakor ini diselenggarakan dalam rangka mendukung pembangunan manusia khususnya di sektor pariwisata KPSN Danau Toba. Dukungan tersebut diberikan dalam bentuk program kegiatan di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumatera Utara”ujarnya.

Dalam Rakor tersebut beberapa OPD menyampaikan beberapa programnya antara lain: Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah menyampaikan beberapa program kerja yang dilakukan di Kawasan Danau Toba  

Lebih lanjut Hardina Lubis  mengatakan bahwa  pemilihan lokasi acara ini di Toba Caldera Resort karena berada  pada lokasi yang sangat strategis dan berada di Kawasan Danau Toba.

Dalam rakor tersebut, beberapa dinas menyampaikan program-program yang dilakukan di Kawasan Danau Toba  selama tahun 2023. Jhon Purba, Kacabdis Wilayah 8, menyampaikan beberapa unggulan SMK yang dipimpinnya antara lain: SMK Negeri 1 Simanindo mempunyai hotel ini yang banyak diminati pengunjung, SMK Negeri 1 Palipi mempunyai programnya keunggulan  jurusan bangunan dan listrik, SMK Negeri 1 Laguboti  mempunyai unggulan krya dan sudah penah dipamekan di Kaldera  saat libur Sekolah, SMK Negeri 3 Balige dengan produk unggulan tata boga, SMK Negeri  1 Muara memiliki hotel mini. SMK Negeri 1 Simanindo mempunyai beberapa produk unggulan yakni: mempunyai  komunitas cinta lingkungan, gerakan sekolah menyenangkan, mempunyai unit kuliner, perhoteln, laundry, seni petunjukan.

Perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provsu Welly Siregar menyampaikan beberapa program antara lain: pembangunan 33 unit pojok baca dan gerobak baca serta pengembangan perpustakaan berbasis digital (e- library). Henry Pohan dari Biro Kesejahteraan Rakyat Provsu menjelaskan bahwa Biro Kesra Provsu  memberikan beasiswa kepada  guru-guru SMK yang mengajukan beasiswa progtram  S2, S3 dengan memenuhi sejumlah persyaratan.

Hadir mewakili BPODT, Kepala Divisi Komunikasi Publik, Nelson Lumbantoruan menyampaikan  terimakasih kepada Bappelitbang Provsu yang memilih Toba Caldera Resort sebagai tempat kegiatan Rakor ini. Dengan udara yang sangat sejuk dilokasi ini semoga mendukung kegiatan ini berlangsung dengan baik. Untuk materi yang dibahas ini sangat menarik dan penting buat kita semua dalam meningkat SDM di KSPN Danau Toba.

“BPODT sangat senang berkolaborasi dengan OPD Provsu temasuk Bapalitbang. Kami telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provsu, Dinas Perpustakaan Provsu, Disbudpar Provsu ( Museum Provsu). Kami mengundang beberapa SMK mengisi kegiatan Libur Sekolah, misalnya: SMK Negeri 1 Karo, SMKN 1 Laguboti memamerkan beberapa karya mereka di Toba Caldera Resort,  SMKN 1 Panei Simalungun menampilkan Tari kreasi dan atraksi lainnya” ujar Nelson.

Beberapa rekomendasi dari rakor tersebut antara lain: akan melakukan percepatan dalam pembentukan BLUD SMK yang ada di KSPN Danau Toba, mendukung pembangunan titik baca/pojok baca oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provsu, memfasilitasi guru-guru SMK yang berada di KSPN Danau Toba untuk mengikuti Pendidikan jenjang S2 hingga S3 melalui skema beasiswa berbasis usulan proposal yang ditujukan kepada Gubernur Sumatera Utara.

Nelson Lumbantoruan

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 371 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay