Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Event Samosir Music Internasional 2023 Berlangsung Sukses

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Event Samosir Music Internasional 2023 Berlangsung Sukses

Samosir, 26 Agustus 2023 – Event Samosir Music Internasional 2023 berlangsung sukses. Event yang berlangsung tanggal 25-26 Agustus 2023 tersebut menghadirkan musisi lokal, nasional hingga internasional diantaranya: Alogo Band, Pakpakustik Dairi, Hayuara Band, Balsem Band, Pargochy, Sitohang Brothers (Martogi Sitohang, Hardoni Sitohang dan Martahan Sitohang), Tongam Sirait, Nias dance, Sheira Hutabalian, Ceci Sihaloho, Moses Sitanggang, Sanggar Baju Sihol, Pondok Kreatif Parapat, Alloling Band, Vicky Sianipar, Ogar Nababan, Alsant Nababan dan mantan vokalis Seurieus Band Candil. Musisi internasional yang dihadirkan yakni: Tomasso Primo dari Italia, Anna Buchegger dari Austria dan Salam Musik dari Malaysia.

Event Samosir Music Internasional 2023 dibuka oleh Menteri Pariwisata/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, diwakili Staf Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual, dan Daya Saing  Josua Simanjuntak didampingi Bupati Samosir, Vandiko Gultom, belangsung pada hari Jumat, 25 Agustus 2023 bertempat di Open Stage Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir.

Josua Simanjuntak mengatakan bahwa  event Samosir Music International 2023 ini adalah salah satu  yang didukung oleh Kementeian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui program Kharisma Event Nusantara (KEN), yang merupakan event unggulan Kemenparekraf.

“Kami menyambut baik sekali event ini karena selain menghadirkan musisi dunia, juga mengangkat budaya lokal. Samosir Music International 2023 tidak hanya merayakan kekayaan musikal semata-mata tetapi juga merajut hubungan lebih kuat antara sektor pariwisata dengan sektor ekonomi kreatif. Semoga Samosir Music International 2023 ini menjadi inspirasi untuk event-event berkualitas di kemudian hari.” ujar Josua.

Pada bagian akhir sambutannya, Staf Khusus Menteri Pariwisata tersebut mengucapkan terima kasih kepada panitia dan Pemerintah Kabupaten Samosir yang menyelenggarakan acara ini, semoga event ini menjadi salah satu daya tarik untuk mendatangkan wisatawan ke Danau Toba.

Sementara itu Bupati Samosir, Vandiko Gultom mengatakan Samosir Music International 2023 telah diselanggarakan sebanyak 6 kali yaitu sejak 2014, namun  event ini tertunda selama tiga tahun diakibatkan karena covid-19.

Vandiko Gultom mengatakan bahwa event ini mengutamakan kearifan lokal dengan memasukkan Budaya Batak. Para musisi yang ditampilkan dalam Samosir Music Internasional ini berasal dari berbagai daerah antara lain: musisi Samosir/ Batak, nasional hingga Internasional.

“Semoga melalui event ini  seni budaya Batak semakin mendunia sebagaimana akan ditampilkan oleh para musisi baik lokal, nasional maupun intenasional nanti. Pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang selalu membantu event Samosir Music Intenasional ini,” ujar Bupati Vandiko.

Tampil di hari pertama adalah: Alogo Band, Pakpakustik Dairi, MPC Jakarta, Hayuara Band, Siou Band, Sitohang Brothers ( Martogi Sitohang, Hardoni Sitohang dan Martahan Sitohang) yang menampilkan keahlian memainkan berbagai jenis alat musik tradisional Batak seperti: taganing, seruling, tulila dengan beragam lagu-lagu Batak, mulai dari lagu-lagu sendu hingga opera Batak, Musisi Italia yang menghadirkan sejumlah pemain yakni: Tommaso primo ( penyani) Nunzio Veneruso ( Guitar), Luigi Castiello (Bas), Davide Ferrante ( drum), Stella Manfredi (biola) yang menyanyikan lagu-lagu Italia dan juga lagu-lagu Batak sepert: Anjuma au, Boasama dan Taridem. Penampilan yang tidak kalah seru adalah penampilan Tongam Sirait & Friens dan  Pargoncy Band. 

Di hari kedua tampil musisi: Viky Sianipar, Nias dance, Sheira Hutabalian, Ceci Sihaloho, Moses Sitanggang, Sanggar Baju Sihol, Pondok Kreatif Parapat, Alloling Band, Ogar Nababan, Alsant Nababan, Retta Sitorus,  dan mantan vokalis Seurieus Band Candil. Begitu juga dengan musisi internasional, yakni:  Anna Buchegger dari Austria dan Salam Musik dari Malaysia.

Acara Samosir Music Internasional ditutup oleh Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang, didampingi: anggota DPR RI Martin Manurung, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Samosir, Tetti Manurung dan Founder Samosir Music Intenasional, Henry Manik yang diakhiri dengan pesta kembang api.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Jimmy Panjaitan secara terpisah mengatakan bahwa Samosir Music Intenasional adalah sebuah event bertaraf internasional yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Danau Toba, baik  domestik maupun mancanegara. Jika kunjungan wisata meningkat maka para pelaku ekonomi kreatif di daerah ini akan semakin sejahtera” ujar Jimmy.

Event Samosir Music Intenasional dihadiri oleh Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT Nelson Lumbantoruan dan Kepala Pemasaran Pariwisata Nusantara BPODT Barry Tampubolon.


Nelson Lumbantoruan

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 495 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay