Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers : F1 Powerboat Danau Toba 2024 Berlangsung Sukses, BPODT Dukung Berbagai kegiatan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

F1 Powerboat Danau Toba 2024 Berlangsung Sukses, BPODT Dukung Berbagai Kegiatan

F1 Powerboat Danau Toba 2024 berlangsung di Pelabuhan Muliaraja, Balige, Kabupaten Toba (2-3 Maret). Lomba balapan air tersebut diikuti 18 pembalap/riders internasional yang berasal dari berbagai negara.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Pj Gubsu, Kapoldasu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Parekraf Kemenkomarves, Direktur Pemasaran Injourney, Direktur Marketing H2O di Media Center, Minggu (3/3).

Tim yang mengikuti Kejuaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 antara lain: Tim Victory dari Uni Emirat Arab, Tim Abu Dhabi dari Uni Emirat Arab, Tim Binh Dinh dari Vietnam, Tim China CTIC dari Tiongkok, Tim F1 Atlantic dari Portugal, Tim Red Devil dari Finlandia, Tim Sharjah dari Uni Emirat Arab, Tim Stromoy Racing dari Norwegia, dan Tim Maverick Racing dari Prancis.

Seluruh tim telah melakukan registrasi pada hari Jumat, 1 Maret 2024. Para Kru silih berganti membantu para pembalap untuk memasuki powerboat masing-masing dan mempersiapkan segala kebutuhan para pembalap. Dua unit crane juga dipersiapkan untuk mengangkat jet air tersebut dari darat menuju air.

Para pembalap dari berbagai negara tampil di ajang F1 Powerboat Danau Toba 2024

Puncak F1 Powerboat Danau Toba dilaksanakan tanggal 2-3 Maret 2024. Pada tanggal 2 Maret 2024, sejak pukul 07.00 WIB telah dilakukan Free Practice F1H2O, dilanjutkan dengan Parade Lap Sprint Race, lomba Sprint Race 1 dan 2, hingga hiburan dari Wali Band pada malam harinya. Pada tanggal 3 Maret 2024, sejak pukul 07.00 WIB sudah dilakukan Warm Up F1H2O, dilanjutkan dengan Parade Lap F1H2O. Puncak kejuaraan digelar pukul 11.15 WIB dengan nama Grand Final Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Kejuaraan F1 Powerboat tersebut dirangkai dengan Lomba Solu Bolon dan Awarding Aquabike Indonesian Championship. Selain itu tampil juga Tim Aerobik Jupiter               TNI-AU untuk menghibur para penonton, dan diakhiri dengan pertunjukan Band dari Ada Band dan Radja.

Juara F1 Powerboat Danau Toba 2024, Juara 1: Rusty Wyatt dari Tim Sharjah (Uni Emirat Arab), Juara 2: Erik Stark dari Tim Victory (Uni Emirat Arab) dan Juara 3: Jonas Anderson dari Tim Binh Dinh (Vietnam).   

Rusty Wyatt pembalap dari Tim Sharjah (Uni Emirat Arab) tampil prima dan berhasil menjadi juara pertama F1 Powerboat Danau Toba 2024. Posisi kedua ditempati oleh Erik Stark ( Uni Emirat Arab) dan posisi ketiga adalah Jonas Anderson dari Tim Binh Dinh (Vietnam).

Direktur Marketing H2O Racing Raimondo menyampaikan rasa bangganya atas suksesnya penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024. Dia mengatakan, dengan diadakannya Event Powerboat di Danau Toba, diharapkan agar kedepannya akan ada pemenang dari Indonesia.

“ Saya sangat bangga atas terselenggaranya F1 Powerboat di Danau Toba, Indonesia. Saya merasa bahwa penyelenggaraan event ini merupakan salah satu yang terbaik yang pernah saya alami. Saya sangat berterimakasih atas penyelenggaraan event ini”, ujarnya.

Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan bersama undangan lainnya di Tribun Utama            F1 Powerboat

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy Bernando Panjaitan mengapresiasi penyelenggaraan F1 Powerboat di Danau Toba.  Menurutnya event internasional ini sangat potensial untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, meningkatkan Investasi dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Penyelenggaraan Event F1 Powerboat sangat potensial untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Danau Toba, baik Nusantara maupun mancanegara. Selain itu juga untuk meningkatkan investasi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Danau Toba dan sekitarnya”, ujarnya.

Para LO yang telah mendampingi para riders selama berlangsungnya F1 Powerboat Danau Toba 2024

BPODT mendukung penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 melalui berbagai kegiatan antara lain: memfasilitasi Liasion Officer (LO) yang telah dilatih agar mereka mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para riders.

Booth UMKM Binaan BPODT di lokasi Penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba

BPODT juga menghadirkan UMKM di venue utama F1 Powerboat dengan menampilkan produk-produk unggulan dari kawasan Danau Toba yang telah dikurasi. Adapun produk-produk unggulan tersebut berasal dari sub sektor kriya, fashion, hingga kuliner.

Musisi Tongam Sirait bersama De Gorga Band tampil

di The Kaldera, Toba Caldera Resort

Selain itu, BPODT juga mengadakan side event di The Kaldera, Toba Caldera Resort yang diberi nama Marende Fest dengan menampilkan berbagai jenis kegiatan yakni Festival lagu-lagu, Pagelaran Seni Budaya, Live Streaming, hingga Booth UMKM.

 1,457 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay