Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Finish di Kaldera, Lomba Lari Maraton NARASAON 10 K, Meriah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Finish di Kaldera, Lomba Lari Maraton NARASAON 10 K, Meriah

Toba, 19 Agustus 2023 – Lomba Lari Maraton NARASAON 10 K berlangsung meriah, diikuti  428 Pelajar SMA/SMK se Kabupaten Toba dengan riancian 314 putra dan 114 putri. Lomba Lari tersebut dimulai dari Simpang Aek Natolu dan berakhir di Kaldera, Toba Caldera Resort, Sibisa, Kecamatan Ajibata.

Lomba Lari Maraton NARASAON 10 K diselenggarakan oleh Generasi Muda Narasaon Sedunia (GMNS) bekerjasama dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).

Sejak pagi hari, di Simpang Aek Natolu yang merupakan garis start peserta lomba sudah ramai. Panitia terlihat sibuk mempersiapkan sound system, meja registrasi, nomor peserta baik putra maupun putri, bendera start. Selain itu terlihat juga satuan TNI dan Polri, tim kesehatan dan BPODT mendukung penyelenggaraan Lomba Lari NARASAON 10 K tersebut.

Pukul 08.00 WIB, Lomba Lari NARASAON 10 K Putra dilepas oleh Leonardo Sitorus selaku Ketua Generasi Muda Narasaon Sedunia, sedangkan Putri dilepas oleh Sappe Tua Sitorus selaku Ketua Panitia. Peserta lari terlihat sangat bersemangat, mereka dikawal oleh panitia, TNI, Polri, Tim Kesehatan.  Di sepanjang jalan sekitar 10 kilometer tersebut, terdapat tiga pos yang disiapkan panitia  dan dilengkapi dengan air minum. Masyarakat terlihat sangat antusias menyaksikan kegiatan lomba lari yang diikuti para pelajar tersebut. Mereka turun ke jalan mulai dari Simpang Aek Natolu hingga Kaldera, Toba Caldera Resort.

Di pintu masuk Kaldera, Toba Caldera Resort, terlihat banyak papan bunga sebagai ucapan selamat dari berbagai kalangan khususnya keturunan Narasaon. Panitia didampingi oleh BPODT, Tim Kesehatan, dan TNI-Polri telah bersiap menyambut para peserta lari di garis finish. Pelari putra yang pertama memasuki garis finish benama Prijen Butarbutar dari SMKN 1 Lumbanjulu, membutuhkan waktu tempuh sekitar 33 menit, sedangkan pelari putri yang pertama memasuki garis finish benama Fretty Situmeang dari SMAN 1 Silaen, membutuhkan waktu tempuh sekitar 43 menit, kemudian disusul para pelari putra dan putri lainnya. Suasana di garis finish agak menegangkan menyambut para juara. Juara 1 Putra disambut oleh Nelson Lumbantoruan selaku Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT sedangkan Juara 1 Putri disambut oleh Jonang Sitorus selaku Sekjen PPRN, dan seterusnya. Penyambutan peserta lomba lari di garis finish dilakukan sekitar 30 menit lalu kemudian seluruh peserta diarahkan ke Amphiteater, Toba Caldera Resort. 

Amphiteater adalah gelanggang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan hiburan, pertunjukan seni dan acara lainnya yang berada di Toba Caldera Resort. Terlihat panggung yang ada di Amphiteater telah dilengkapi dengan sound system dan keyboard dan juga para artis lokal. Panggung  dihiasi dengan baliho besar bertuliskan “Selamat dan Sukses Narasaon Maraton 10 K”. Di atas meja telah disiapkan berbagai hadiah baik kepada para juara maupun lucky draw dan juga trophy.

Seluruh peserta lomba lari, panitia dan undangan berkumpul mengelilingi Amphiteater tersebut. Beberapa tokoh yang hadir antara lain: Sihar Sitorus (anggota DPR RI), Candrow Manurung (Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba), Kepala Staf Kodim (Kasdim) Taput A.S Butarbutar, Mewakili Kapolres Toba, Camat Ajibata ( Robert Manurung), Kepala Desa se-Kecamatan Ajibata,  Pengurus Parsadaan Pomparan Raja Narasaon (PPRN), Ketua Generasi Muda Narasaon Sedunia Leo Sitorus, Anak ranatu Narasaon. BPODT dihadiri oleh: Wahyu Dito Galih Indharto (Direktur Pemasaran Pariwisata), Nelson Lumbantoruan (Kadiv Komblik)  dan Barry Tampubolon (Kadiv Pemasaran Nusantara). Mereka menyaksikan hiburan yang telah disiapkan panitia. Artis-artis lokal, khususnya keturunan Narasaon tampil menyanyikan beberapa lagu untuk menghibur seluruh hadirin. Banyak juga diantara peserta lomba yang turut bernyanyi bahkan bergoyang pertanda mereka sangat berbahagia dengan kegiatan Lomba Maraton NAIRASAON 10 K tersebut.

Acara dilanjutkan dengan Kata-Kata Sambutan. Sappe Tua Sitorus selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemedekaan ke-78 Republik lndonesia dan membangkitkan semangat generasi muda khususnya generasi muda keturunan NARASAON yang terdiri dari Marga Manurung, Sitorus, Sirait dan Butarbutar.

Leonardo Sitorus selaku Ketua Generasi Muda Narasaon Sedunia (GMNS) merasa bangga atas terlaksananya Lomba Lari Maraton NARASAON 10 K ini. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam upaya mewujudkan Toba yang Bermartabat dan Toba Na Raja. GMNS berharap kegiatan dapat dilanjutkan pada tahun yang akan datang.

Secara khusus Ketua GMNS tersebut meminta agar BPODT dan Punguan Narasaon dapat melanjutkan kerjasama ini dengan mengadakan Lomba Lagu dan Tortor Batak agar generasi muda Batak khususnya keturunan NARASAON tetap mempetahankan budayanya. Dari tadi saya melihat bahwa semua peserta hanya meminta Lagu DJ, saya kuatir mereka akan meninggalkan budaya Batak, pungkasnya

Direktur Utama BPODT, yang diwakili Wahyu Dito Galih Indharto selaku Direktur Pemasaran Pariwisata mengatakan bahwa pariwisata olah raga merupakan salah satu strategi terbaik yang dapat dikembangkan untuk mempromosikan Kawasan Danau Toba. Pengembangan event olah raga seperti lomba lari ini, kedepannya akan kita tingkatkan. Lebih lanjut, Direktur Dito meminta semua pihak, khusunya Keluarga Besar Narasaon untuk turut mendukung pembangunan Kawasan Toba Caldera Resort. Kami tidak bisa sendiri, harus berkolaborasi dan bersinergi dengan masyarakat, ujarnya.

Turut hadir tokoh masyarakat Narasaon yakni: Sihar Sitorus, anggota DPR RI Komisi XI. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa sebagai keturunan Narasaon, sangat bangga dengan kegiatan ini. Sihar mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama sekali diselenggarakan oleh Punguan Narasaon. Kepada peserta lomba, Sihar mengatakan bahwa di dalam olahraga ada rival bukan pesaing. “Kita harus membedakan rival dengan pesaing. Kalau pesaing, kita akan melakukan apapun, curang pun bisa kita lakukan. Kalau rival, kita akan mendorong satu langkah lebih maju. “Semoga perlombaan ini bisa dilanjutkan pada masa yang akan datang dan berharap bisa lebih berkualitas, hingga dapat menjadi agenda nasional.

Lebih lanjut, Sihar Sitorus meminta kepada seluruh keturunan Narasaon agar mendukung pengembangan Toba Caldera Resort yang dilakukan oleh BPODT. “ Toba Caldera Resort berada di tanah warisan Ompung kita Narasaon. Bila BPODT maju, kita juga akan mendapatkan hasilnya. Kegiatan-kegiatan seperti ini dapat kita lanjutan dan kita tingkatkan bersama dengan BPODT.

Acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para pemenang Lomba Lari Marathon Narasaon 10 K.  Berikut 3 besar juara peserta lomba putra: Juara 1 diraih oleh Prijen Butarbutar dari SMKN 1 Lumbanjulu, Juara 2: Christopher Simangunsong, Juara 3: Rio Marpaung; dan 3 besar juara peserta lomba putri: Juara 1 diraih oleh Fretty Situmeang asal ari SMAN 1 Silaen, Juara 2: Riska Siagian, Juara 3: Tiara Sinaga.

Selamat atas terselenggaranya Lomba Lari Maraton NARASAON 10 K

Nelson Lumbantoruan

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 294 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay