Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Hadapi Tantangan dan Peluang Pengembangan Pariwisata Olahraga di Kawasan Danau Toba, BPODT Gelar Diskusi Bersama Wagubsu

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Hadapi Tantangan dan Peluang Pengembangan Pariwisata Olahraga di Kawasan Danau Toba, BPODT Gelar Diskusi Bersama Wagubsu

Medan, 13 Februari 2023 – Dalam menghadapi tantangan dan peluang pengembangan pariwisata olahraga di Kawasan Danau Toba, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba bersama Forum Jurnalis Pariwisata (Forlispar)  mengadakan diskusi panel dengan tema Tantangan dan Peluang Pengembangan Pariwisata Olahraga di Kawasan Danau Toba.

Dikusi ini hadir Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah memberikan keterangan didampingi Dirut BPODT Jimmy B Panjaitan, Ahli Pariwisata Sumut Nurlisa Ginting dan Ketua IMI Sumut Harun Mustafa Nasution saat gelar Diskusi Panel di Adimulia Hotel, Medan, Senin (13/2/2023).

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah berharap kegiatan F1PowerBoat atau F1H2O dapat mendokrak perekonomian di Sumatera Utara dan mempromosikan Danau Toba keseluruh dunia.

Ijeck mengatakan bahwa even internasional ini sangat berdampak terhadap kemajuan perekonomian di Sumatera Utara. Mengingat even F1H2O ini pertama kali diselenggarakan di Indonesia.

“F1PowerBoat ini kejuaraan internasional, ini peluang untuk mengenalkan Sumut ke dunia. Karena dengan even dunia ini perekonomian akan terdongkrak, khususnya di Sumatera Utara,” ujar Wagubsu Ijek.

Wagub menuturkan, sampai saat ini persiapan menjelang F1H2O masih terus berjalan. Di mana, even ini tidak hanya masyarakat yang ada di Sumatera Utara saja yang harus tahu tapi di luar Sumatera Utara juga harus tahu.

“Dengan even ini, semua orang harus tahu. Kalau Multiplier efect dalam satu even pasti ada. Makin besar minat even itu secara internasional makin besar efect ekonominya. Dengan adanya even F1H2O ini, Rp200 miliar lebih perputaran uang yang akan datang ke even itu. Belum lagi promosi daerah dan orang yang akan berinvestasi dalam even itu,” ujar Wagubsu Ijek.

Dirut BPODT, Jimmy B Panjaitan menuturkan, persiapan F1H2O ini harus benar-benar berkolaborasi dengan semua pihak, karena even ini merupakan even berskala internasional yang persiapannya harus secara matang.

“Even ini perlu juga melakukan hal-hal besar, kolaborasi besar dan jiwa besar. Kami survei dengan owner H2O, dapatlah Balige. Dia bilang, dari semua venue, hanya Balige lah yang paling menarik, dia sebut alamnya masih unik sekali, kalau pun dibuat tolong pertahankan alamnya, karena ini yang paling unik,” ujar Dirut Jimmu.

Jimmy menambahkan, even internasional harus tetap menonjolkan kearifan lokalnya dan itu harus dipertahankan.

“Kami buat event besar, tapi sustainablenya, kearifan lokalnya tetap dipertahankan. Dan ini penting bagi penyelenggara itu soal keamanan dan aksesbilitas,” tutup Jimmy.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 714 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay