Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Jelang F1H20, Kemenparekraf Salurkan Fasilitas Sarana Homestay

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Jelang F1H20, Kemenparekraf Salurkan Fasilitas Sarana Homestay

Toba, 24 Februari 2023 – Menjelang perlombaan internasional F1H2O di Danau Toba, tepatnya di Balige, Kabupaten Toba, 24-26 Februari 2023, Kemenparekraf menyalurkan bantuan fasilitas homestay kepada sejumlah homestay di Toba, salah satunya homestay di Desa Wisata Lumban Gaol, Kecamatan Balige.

Menurut Plt. Direktur Pengembangan Destinasi I, Harwan Ekoncahyo, Kamis (16/2/2023) bahwa dukungan dari Kemenparekraf/Baparekraf ini adalah salah satu bentuk dukungan pemerintah pusat dalam meningkatkan kualitas amenitas di Destinasi Super Priorotas Danau Toba khususnya homestay.

Homestay yang didukung adalah Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) homestay yang merupakan hasil kolaborasi antara Kemenparekraf/Baparekraf dengan Kementerian PUPR tahun sebelumnya.

“Kami berharap dukungan perlengkapan sarhunta homestay ini dapat langsung bermanfaat juga dalam mendukung akomodasi event F1 PowerBoat yang akan berlangsung di Balige waktu dekat,” katanya.

Agus Suprihastono, Ketua Tim Kerja Wilayah I, menambahkan bahwa ada 2 desa wisata di kabupaten Toba yang menjadi lokasi pemberian fasilitas homestay yaitu di Desa Wisata Lumban Gaol sebanyak 10 paket sarhunta homestay, dan Desa Wisata Saribu Raja Janji Maria sebanyak 5 paket sarhunta homestay.

Menurut Milo Hutabarat, kordinator homestay di Desa Lumban Gaol, mengungkapkan bahwa bantuan fasilitas homestay untuk saat ini di prioritaskan masih bagi 10 homestay yakni homestay yang bekerjasama dengan BUMDES atau Pokdarwis dan yang telah pernah menerima pengunjung atau tamu sebutnya.

“Kami berharap, penerima bantuan ini dapat memanfaatkannya dan memelihara bantuan untuk mengoptimalkan pelayanan bagi tamu, khususnya tamu pada event F1H2O,” kata Milo menambahkan.

Salah seorang penerima bantuan, Robert Tambunan, pemilik homestay Jeremi mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah dalam mendukung fasilitas homestay.

“Kami akan menjaga dan merawat fasilitas ini, untuk memaksimalkan pelayanan bagi tamu, khususnya tamu yang berkunjung dalam menyaksikan event F1H2O,” pungkas Robert.

Bentuk fasilitas homestay yang diberikan oleh Kemenparekraf sesuai keterangan Andhy Marpaung selaku Ketua Tim Kerja Sistem Penganggaran dan DAK – Kemenparekraf/Baparekraf dalam 1 paket berupa tempat tidur dan dipan, bedding set (sprei, bed cover, bantal, sarung bantal), lemari, peralatan kamar mandi, tempat tisu, pengharum ruangan, dan coffee/tea set.

Kami memberikan fasilitas sarhunta homestay ini sesuai standar pariwisata dan sebagai percontohan bagi homestay yang lain.

“Semoga dukungan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat meningkatkan ekonomi para pemilik homestay, dengan datangnya tamu yang semakin banyak,” kata Andhy.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 620 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay