Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Jokowi Bakal Hadir di Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 di Danau Toba

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Jokowi Bakal Hadir di Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 di Danau Toba

Jakarta, 23 Januari 2023 – Presiden RI Joko Widodo akan menghadiri F1 Powerboat (F1H2O) World Championship 2023 atau Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 yang diadakan di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) pada 24-26 Februari mendatang.

Seperti yang dikutip dari CNNIndonesia, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengaku telah mempersiapkan pengawalan. Rencananya 1.335 personel polisi diturunkan untuk bertugas di beberapa lokasi event F1H2O termasuk pengamanan kedatangan Presiden RI Joko Widodo.

“Pengawalan mulai dari kedatangan logistik F1H2O di Pelabuhan Belawan sebanyak 18 kontainer sampai pengirimannya ke lokasi balapan, selambatnya sudah tiba dua pekan sebelum event dimulai. Polda Sumut dan TNI akan menggelar operasi mandiri selama 11 hari, sejak 19 Februari – 1 Maret 2023,” kata Panca Putra.

Sementara itu, Pangdam I/BB Mayjend TNI Achmad Daniel Cardin menyampaikan dalam upaya pengamanan event F1H2O, pihaknya akan mengerahkan 7.520 personel. Selain itu untuk pengamanan kedatangan Presiden RI Jokowi juga akan dilakukan penambahan sekitar 1.936 personel.

“Kami berharap perencanaan ini sudah kita dapatkan sejak awal, titik mana saja pengamanan. Sehingga pengamanan kita siapkan sesuai rencana. Maka kita perlu terus berkomunikasi,” ucap Daniel.

Menurut Daniel pengamanan ketat diperlukan di sekitar lokasi balapan untuk mengantisipasi kecelakaan saat balapan. Mengingat kondisi medannya berbeda saat balapan digelar di laut.

“Untuk antisipasi di danau, mengingat balap ini digelar di danau dan air tawar, kemungkinan tenggelam lebih cepat dibandingkan jika di laut. Kita siapkan kapal super cepat untuk langkah antisipasinya,” tegasnya.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan event tersebut menghadirkan peserta dari berbagai negara. Edy juga meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba agar menata kawasan di sekitar lokasi seperti pasar dan para pedagang agar terlihat lebih baik.

“Akses para peserta maupun wisatawan yang akan berlabuh di Pelabuhan Belawan maupun mendarat di Bandara Kualanamu atau Silangit juga harus diperhatikan. Sehingga kesan yang akan muncul, Sumut sangat baik dalam menyambut tamu,” tutur Edy.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 1,008 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay