Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Kapal Pinisi Kenzo Segera Beroperasi di Danau Toba, Sandiaga Beberkan Keunggulannya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Kapal Pinisi Kenzo Segera Beroperasi di Danau Toba, Sandiaga Beberkan Keunggulannya

Jakarta, 26 Juli 2023 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik kehadiran kapal pinisi Kenzo di Danau Toba, Sumatera Utara. Kapal wisata yang mulai beroperasi pada Agustus 2023 akan jadi daya tarik baru bagi wisatawan.

“Tentunya kami menyambut secara positif, karena ini pertama kali ada di Danau Toba dan ini menjadi tambahan fasilitas akomodasi,” katanya usai Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (24/7/2023).

Dikutip dari travel.okezone Sandiaga mengatakan bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi live on board atau tinggal di kapal seperti di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menghabiskan masa liburannya.

“Seperti yang sudah kita temui di Labuan Bajo yang jumlahnya sudah ratusan, juga di Bali dan beberapa destinasi lainnya,” ujarnya.

Hadirnya kapal pinisi sebagai mobilitas wisata di Danau Toba diharapkan dapat memberi rasa aman dan kenyamanan wisatawan saat mengelilingi danau.

Selain itu, kata Sandi, hadirnya kapal ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke suatu wilayah yang memiliki destinasi wisata di atas air.

Tetap Menjaga Aspek Keselamatan

Sandiaga mengungkapkan, kapal pinisi satu ini berbeda dengan kawasan lainnya, karena letaknya berada di dataran tinggi. Hal inilah yang akan menjadi perhatian khusus, mengingat dari aspek keselamatan yakni CHSE yaitu Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

“Tapi sekali lagi, kita harus bekerja sama dengan seluruh lintas dan dinas terkait agar aspek keselamatan dijaga. CHSE-nya sedang dipastikan, sebelum agustus mereka beroperasi. CHSE-nya harus bersertifikasi,” terangnya.

Perbedaan dengan Kapal Pinisi Lainnya

Sandiaga mengakui, bahwa keberadaan kapal pinisi di Danau Toba ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Maka ia mengimbau ada teknologi khusus sehingga mengimbanginya, mengingat letaknya ada di dataran tinggi atau pegunungan yang mana dar kondisi cuacanya akan berbeda.

Kemudian Sandiaga menyebut, kapal pinisi di Danau Toba ini didesain khusus. Salah satunya memiliki penyeimbang, seperti yang ada di kapal nelayan. Sehingga nantinya kapal dapat berjalan dengan baik, serta membuat para penumpangnya merasa nyaman.

“Biasanya di laut lebih ringan, ini ada di dataran tinggi (mungkin) lebih berat. Makannya harus ada tambahan kearifan, dan tambahan teknologi untuk saling memastikan, supaya tidak ada guncangan,” terangnya.

Kapal Pinisi Kenzo Punya Banyak Fasilitas

Kapal Pinisi Kenzo sendiri memiliki berbagai fasilitas seperti empat kamar tidur yang dilengkapi toilet di dalamnya. Terdapat juga dua toilet di luar kamar dan bar yang dapat dimanfaatkan wisatawan untuk memesan makanan dan minuman.

Oleh karena itu Sandiaga berharap, bahwa kehadiran Kapal Pinisi ini bisa menarik lagi jumlah wisatawan baik dari dalam negeri, maupun wisatawan mancanegara (wisman).

“Kapal Pinisi Kenzo sendiri memiliki berbagai fasilitas seperti empat kamar tidur yang dilengkapi toilet di dalamnya. Terdapat juga dua toilet di luar kamar dan bar yang dapat dimanfaatkan wisatawan untuk memesan makanan dan minuman,” pungkasnya.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPOPDT

 257 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay