Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Kejuaraan Ski Air Dunia akan Digelar di Danau Toba

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Kejuaraan Ski Air Dunia akan Digelar di Danau Toba

Samosir, 4 Agustus 2023 – Lagi-lagi Indonesia diberikan mandat menghelat kompetisi olahraga internasional, Kali ini, salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) yaitu Danau Toba di Sumatra Utara terpilih untuk menghelat kejuaraan olahraga ski air dunia (UIM-ABP World Aquabike Championship 2023) pada November 2023.

Melansir dari website UIM-ABP World Aquabike Championship, Pejabat dari H2O Racing selaku promotor dari Aquabike, promotor lokal InJourney dan pemerintah Indonesia telah sepakat mengadakan babak penutup World Aquabike Championship UIM-ABP dan putaran tunggal Aquabike Endurance World Championship UIM-ABP di Danau Toba yang spektakuler pada November 2023.

Sebelumnya Danau Toba telah menjadi tuan rumah putaran pembukaan Kejuaraan Dunia UIM F1H2O di awal tahun 2023 dan sekarang akan menjadi tuan rumah putaran final Kejuaraan Aquabike Dunia UIM-ABP pada tanggal 25-26 November 2023. Ditambah lagi, Danau Toba digunakan untuk Kejuaraan Dunia Ketahanan Aquabike UIM pada tanggal 22, 23 dan 24 November 2023.

Dikutip dari metrodaily.jawapos, adapun rangkaian kejuaraan olaharga ski air kelas dunia ini bakal bertempat di empat kabupaten sekitar Danau Toba yaitu Kabupaten Toba, Karo, Dairi dan Samosir. Lokasi balapan ini tentu saja sudah lolos inspeksi UIM.

Untuk Kejuaraan Dunia Ketahanan Aquabike pada pada tanggal 22, 23 dan 24 November bakal berlokasi di Karo, Dairi, dan Samosir. Kejuaraan Endurance bakal digelar di sirkuit tertutup sepanjang sekitar tiga kilometer dengan batas waktu maksimal satu jam.

Hingga akhirnya nanti di Final Kejuaraan Aquabike Dunia, sirkuit akan mengambil panggung utama di Balige, Kabupaten Toba (pantai selatan Danau Toba) akan berlangsung selama dua hari.

Perhelatan turnamen ski air kelas dunia ini diharapkan mampu mempercepat pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba sebagai Daerah Tujuan Wisata (DPSP) Super Prioritas.

Hal ini diungkapkan oleh promotor lokal dari perhelatan UIM-ABP World Aquabike Championship 2023 yaitu Injourney.

“Dipilihnya empat kabupaten besar di kawasan Danau Toba sebagai tempat penyelenggaraan balap merupakan salah satu cara untuk mendongkrak pariwisata di kawasan Danau Toba. Ini akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat sekitar,” ujar Doni Oskaria, Presiden Direktur InJourney.

FYI, Grand Prix Kopiko F1H2O di Indonesia pada bulan Februari 2023 berhasil memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian nasional dan diperkirakan menghasilkan pendapatan sebesar Rp300 miliar ($20 juta USD).

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 1,508 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay