Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Komitmen Promosi Ekowisata Geopark Kaldera Toba, BPODT dan BP TCUGG Teken MoU Kerjasama

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Komitmen Promosi Ekowisata Geopark Kaldera Toba, BPODT dan BP TCUGG Teken MoU Kerjasama

Rabu, 11 Januari 2023 – Dalam rangka mendukung eksistensi UGG Toba Kaldera serta meningkatkan jejaring baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional dari aspek edukasi, konservasi dan pemberdayaan masyarakat Badan Pelaksana Otorita Danau Toba melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Badan Pengelola Toba Caldera UNESCO Global Geopark (BP TCUGG) Sumatera Utara, Kantor BPODT, Medan, Sumatera Utara, Rabu (11/01/2023).

Sebagai upaya persiapan revalidasi status kepesertaan Geopark Kaldera Toba sebagai anggota United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) untuk periode empat tahun berikutnya yang akan ditetapkan pada bulan Agustus 2024 mendatang.

Kerjasama dalam hal peningkatan sumber daya manusia, kajian/penelitian, pemasaran, konservasi dan pemberdayaan masyarakat ini selain untuk persiapan revalidasi penetapan UNESCO Global Geopark hal ini juga dilakukan untuk mendukung Ekowisata di kawasan Danau Toba.

Direktur Utama BPODT, Jimmy Panjaitan dalam sambutannya menyampaikan, UGG adalah jendela bagi wisatawan dunia untuk mengenal Kaldera Toba bahwa Indonesia memiliki destinasi Geologi yang berstandar internasional, Pemerintah pusat sudah mendorong infrastruktur dan sekarang tugas kita untuk melakukan promosi.

“Ekowisata adalah jenis pariwisata yang paling siap di kawasan Kaldera Toba dan untuk mendorong pemberdayaan masyarakat kita harus memberdayakan komunitas, komunitas yang ada di kawasan Kaldera Toba sehingga mereka merasakan juga dampak dari UGG ini.

Di bulan maret ini tim Natgeo akan melakukan ekspedisi Danau Toba, Kita berharap kegiatan itu dapat diliput sehingga bisa tayang di Natgeo chanel,” ujar Jimmy.

Jimmy juga menyatakan, Terkait sosialisasi BPODT sudah mengusulkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar muatan lokal kepariwisataan khususnya ekowisata dapat dimasukan ke kurikulum sekolah sekolah di kawasan Danau Toba.

“Kita bisa minta ke bupati di 8 kabupaten di kawasan Danau Toba agar memasukan kurikulum pariwisata melalui sekolah sekolah sekolah,” tambahnya.

Sementara Ketua Umum BP TCUGG, Zumry Sultoni menyampaikan, kolaborasi kedua badan pengelola ini sangat penting mengingat, masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang Kaldera Toba dan unsur yang ada didalamnya, sehingga dengan kerjasama ini promosi kepariwisataan Danau Toba atau Kaldera Toba semakin dikenal.

“Dengan MoU ini BP TCUGG sangat berharap dukungan dari BPODT dikarenakan minimnya anggaran BP TCUGG. Badan Pengelola Toba Caldera Unesco Global Geopark tetap optimis dalam menjalankan tugasnya, apalagi pelaksanaan Revalidasi tahun ini, Green Card pasti bisa kita peroleh dan Global Geopark akan semakin eksis dengan kerjasama ini,” kata Zumry.

Tidak itu saja, paket Ekowisata di Danau Toba akan menjadi jendela bagi para wisatawan dunia yang bisa melihat langsung Ekowisata yang ada di Danau Toba dan semuanya saling terintegrasi dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat sekitar.

Turut Hadir dalam MoU itu, Mangindar Simbolon, Sekretaris, Debby Panjaitan dan jajaran Direksi serta Kepala Divisi BPODT yang lengkap hadir sebagai wujud komitmen Badan Pelaksana Otorita Danau Toba dalam mendukung BP TCUGG Sumatera Utara.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 1,228 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay