Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Kunjungi Toba Caldera Resort, Bank Central Asia, KPNCorp dan Growth Steel Group Buka Peluang Investasi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Kunjungi Toba Caldera Resort, Bank Central Asia, KPNCorp dan Growth Steel Group Buka Peluang Investasi

Toba, 19 Februari 2023 – Dalam mendukung kepariwisataan Danau Toba, Bank Central Asia, KPNCorp dan Growth Steel Group kunjungi Toba Caldera Resort. Kunjungan ini sebagai bagian dalam rangkaian acara Medan – Samosir Trip.

Tampak hadir dalam rombongan tersebut adalah Presiden Direktur BCA, Bapak Jahja Setiaatmadja , CEO Growth Steel Group Bapak Fadjar Suhendra, CEO Gamaland Bapak Martua Sitorus, CEO Orangtua Group Bapak Budyanto Totong, Presiden Direktur Erajaya Group Bapak Budiarto Halim, CEO Cerestar Indonesia Bapak Kadir Wijaya, CEO Ace Hardware Bapak Kuncoro Wijaya, CEO Alfamart Bapak Djoko Susanto, Senior GM Kreditplus Bapak Trisna Widjaja, Senior VP Diretor Honda Bapak Kusnadi Budiman, Direktur Utama PT Dharma Satya Nusantara Bapak Andrianto Oetomo, dan tamu undangan VIP lainnya.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Jimmy Bernando Panjaitan Direktur Utama BPODT yang didampingi oleh Raja Malem Tarigan Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPODT, Minggu 19/02/2023.

Dalam sambutannya Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Jimmy Bernando Panjaitan menjelaskan BPODT merupakan satuan kerja dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang bertugas untuk mempercepat pengembangan pariwisata Danau Toba. Danau Toba ditetapkan sebagai salah satu dari 5 (lima) Destinasi Pariwiasata Super Prioritas.

Dirut BPODT menjelaskan terkait Danau Toba sebagai danau volcanic terbesar dunia, aksesibilitas dari dan menuju Toba Caldera Resort, rencana pengembangan Toba Caldera Resort, event internasional di Danau Toba dan peluang investasi di Toba Caldera Resort.

“Saat ini akses udara terdekat menuju Kawasan Toba Caldera Resort adalah Bandara Silangit dengan layanan direct flight rute Jakarta-Silangit dan Batam-Silangit. Waktu tempuh dari Bandara Silangit menuju kawasan kami sekitar 1 jam 40 menit, sementara itu hanya 5 menit dari Kawasan ini sedang dilakukan pengembangan Bandara Sibisa yang dibangun khusus untuk mendukung Kawasan ini” ujar Jimmy.

Dirut BPODT juga mengungkapkan bahwa di Toba Caldera Resort telah dilakukan groundbreaking Labersa Caldera Resort and Convention yang dihadiri oleh langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri PPN/Bappenas dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. BPODT juga telah menenderkan 1 lot di SR-04 untuk pembangunan hotel setara bintang 5.

“Selain itu BPODT juga membuka peluang investasi untuk pembangunan cable car. Saat ini BPODT telah bekerja sama dengan PT INKA untuk penyusunan Pra Feasibility Study.” ungkap Jimmy dalam paparannya.

Jimmy juga mengungkapkan TCR memiliki potensi besar dalam pengembangan hotel/resort dilihat dari banyaknya pengunjung ke TCR walaupun saat ini atraksi masih minim. Sampai saat ini sejak diberlakukannya retribusi tiket, sekitar 250.000 orang telah mengunjungi Toba caldera Resort.

“Angka ini termasuk tinggi mengingat Kawasan yang dikembangkan di TCR masih sebatas Jokowi Point. Diproyeksikan jumlah pengunjung akan mencapai 22.000 per hari pada tahun ke-30. Setelah menjadi Badan Layanan Umum sejak November 2021 BPODT juga telah mendapatkan PNBP sebesar 5,6 M lebih dari parkir, beltent dan tambahan atraksi terbaru ATV track” Ujar Jimmy.

Dirut BPODT juga menampilkan video promosi Danau Toba dan video promosi investasi yang mendapat apresiasi dan tanggapan dari para tamu. Pada kesempatan ini Dirut BPODT didampingi oleh Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan, Bapak Raja Malem Tarigan, juga mendampingi tamu untuk site visit ke lokasi pembangunan Labersa Caldera Resort di Lot SR-05. Diharapkan dengan adanya kunjungan dimaksud dapat menarik minat para calon investor untuk ikut serta dalam pengembangan Toba Caldera Resort kedepannya.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 861 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay