Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Menparekraf Minta Pengelola Destinasi Wisata dan Sentra Ekonomi Kreatif Maksimalkan Peluang Libur Nataru

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Menparekraf Minta Pengelola Destinasi Wisata dan Sentra Ekonomi Kreatif Maksimalkan Peluang Libur Nataru

Jakarta, 10 November 2022 – Dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta pengelola destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif untuk dapat bersiap diri. Hal ini guna mengambil peluang dalam momentum libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022-2023 dengan terus melakukan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi.

Dikutip dari Kemenparekraf.go.id, Menparekraf Sandiaga dalam “The Weekly Brief with Sandi Uno” yang diselenggarakan secara hybrid dari Gedung Sapta Pesona, Kamis (10/11/2022) sore, mengungkapkan, berdasarkan data Kemenhub potensi pergerakan nasional pada Natal/Tahun Baru 2022/2023 adalah 22,4 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 60,6 juta orang.

“Kami instruksikan tempat wisata destinasi favorit dan sentra ekonomi kreatif agar mempersiapkan diri dengan baik memanfaatkan secara maksimal dengan terus melakukan inovasi, adaptasi, serta kolaborasi karena situasi krisis saat yang lalu ini sekarang tergantikan dengan suasana potensi cuaca ekstrem,” kata Menparekraf Sandiaga.

Di wilayah Jabodetabek, Menparekraf Sandiaga menjelaskan, potensi pergerakan masyarakat diperkirakan mencapai 12,3 persen atau sekitar 7,5 juta orang.

Destinasi-destinasi yang diperkirakan akan banyak dikunjungi adalah destinasi yang selama ini menjadi favorit masyarakat. Seperti Ancol, Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah. Termasuk juga kawasan Puncak dan daerah Bogor sekitarnya yang juga selalu menjadi tempat favorit wisatawan.

“Namun juga kalau kita lihat Bali dan 5 destinasi super prioritas dan desa-desa wisata juga harus bersiap-siap untuk menerima kunjungan wisatawan,” kata Menparekraf Sandiaga.

Sementara untuk wisatawan mancanegara, selain dari lima negara penyumbang wisatawan terbanyak saat ini yakni Australia, Singapura, Malaysia, India, dan Inggris, diperkirakan juga wisatawan dari Amerika Serikat dan Austria juga akan banyak yang memanfaatkan momen libur Natal/Tahun Baru 2022/2023 untuk berkunjung ke Indonesia.

“Kami mengimbau pemerintah daerah dan asosiasi usaha pariwisata untuk mendukung momen Natal dan Tahun Baru sebagai momentum kebangkitan dan kesiapan destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif serta fasilitas pendukungnya. Sehingga diharapkan dapat menghadirkan wisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga dalam “The Weekly Brief with Sandi Uno” sejumlah pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf baik secara daring maupun luring.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 565 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay