Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Okupansi Hotel di Sumut Hingga Oktober Tahun 2022 Meningkat, Naik Capai 90 Persen

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Okupansi Hotel di Sumut Hingga Oktober Tahun 2022 Meningkat, Naik Capai 90 Persen

Toba, 10 November 2022 – Dikutip dari medan.tribunnews.com menurut catatan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Sumatera Utara mengalami peningkatan okupansi hotel di Sumut hingga Oktober 2022.

“Saat ini okupansi perhotelan di daerah wisata Sumatera Utara seperti Danau Toba dan Samosir naik hingga mencapai 80 persen hingga 90 persen,” ujar Ketua PHRI Sumut, Denny S Wardhana kepada media, Senin (7/11/2022).

Sedangkan hotel di Kota Medan dikatakannya, okupansi perhotelan naik sebesar 60 hingga 70 persen di tahun 2022. “Namun belum begitu stabil okupansi di Medan, kalau misalnya ada acara nasional di Medan pasti okupansi meningkat, kalau tidak ada ya masih belum naik,” ucapnya.

Dia menyampaikan naiknya okupansi hotel saat ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang mulai melandai, serta saat ini kawasan Danau Toba di Sumut masuk menjadi salah satu daftar Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) oleh Kemenparekraf RI.

“Danau Toba kan saat ini menjadi kawasan super prioritas dan kebanyakan kegiatan nasional juga dilakukan di Danau Toba seperti G20 dan lainnya,” tuturnya. Dia menambahkan kebanyakan pengunjung berasal dari wisatawan domestik, seiring dengan imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk berwisata di dalam negeri saja.

“Kalau saat ini masih banyak wisatawan domestik ya, wisatawan mancanegara juga sudah ada dan jika dibandingkan dengan tahun lalu wisatawan mancanegara meningkat,” katanya. Kemudian, dia juga memberikan imbauan kepada seluruh hotel yang ada di Sumut untuk memberikan pelayanan yang baik kepada tamu sehingga para tamu erkeinginan kembali berkunjung.

“Untuk para pengusaha hotel juga lebih ditingkatkan bagaimana caranya menjaga tamu yang datang sehingga mereka bisa kembali lagi ke daerah tujuan wisata dan mereka bisa membelanjakan sebanyak-banyaknya,” imbuhnya.

Diketahui, Saat ini SDM perhotelan yang berada di daerah wisata Sumatera Utara sedang melakukan proses sertifikasi agar dapat meningkatkan standar pelayanan.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 542 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay