Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Percepat Investasi di 5 DPSP, Kementerian Investasi Adakan Forum Tarik Minat Calon Investor

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Percepat Investasi di 5 DPSP, Kementerian Investasi Adakan Forum Tarik Minat Calon Investor

Labuan Bajo, 9 September 2022 – Dalam mempercepat pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Kementerian Investasi mengadakan Forum Investasi 5 DPSP (Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika dan Likupang). Forum ini sebagai upaya pemerintah untuk mendatangkan para investor dan mempercepat  realisasi investasi 5 DPSP.

Dikutip dari www.tajukflores.com, forum ini yang diadakan   di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT. Kegiatan ini diikuti 130 peserta yang hadir secara langsung dan secara hybrid, Jumat 9 September 2022.

Menurutnya Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan industry pariwisata merupakan sektor yang paling besar terdampak akibat adanya pandemic covid-19, sedangkan sektor pariwisata memiliki kontribusi yang besar terhadap penciptaan lapangan kerja bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Untuk itu saya tidak segan-segan meyakinkan bahwa di Indonesia banyak tempat-tempat wisata yang bisa dituju dan memiliki alam yang bagus, saya yakinkan investor bahwa Indonesia merupakan tujuan pariwisata dunia,” kata Bahlil.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutan virtualnya menyampaikan bahea perlu optimalisasi pembangunan disektor pariwisata dan hal ini tidak bisa hanya mengandalkan APBN dan APBD.

“Kita Perlu mengoptimalisasi pembangunan sektor pariwisata khususnya dari sisi amenitas, aksesibilitas dan atraksi yang mana sumber dananya tidak bisa hanya mengandalkan APBN dan APBD saja, tapi tentunya juga dari investasi baik dalam negeri maupun asing,” ujar Menko Marves.

Melalui video rekaman, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreati Sandiaga Uno menyampaikan bahwa pengembangan 5 DPSP ini merupakan program pemerintah untuk menciptakan destinasi kelas dunia baru selain Bali. Hal ini dilakukan agar tercipta pemerataan perekonomian dan memaksimalkan sumber daya pariwisata yang dimiliki oleh Indonesia.

“Tahun 2022 merupakan momentum kebangkitan sektor pariwisata di Indonesia. Melalui kegiatan Forum Investasi, saya yakin dapat mengakselerasi pengembangan sumber destinasi prioritas terutama melalui kawasan ekonomi khusus pariwisata dan badan otorita pariwisata,” ujar Sandiaga.

Dalam forum ini dihadiri juga oleh Deputi Industri dan Investasi Kemenparekraf Hengky Manurung, Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan didampingi oleh Direktur Industri dan Kelembagaan Pariwisata Raja Malem Tarigan beserta salah satu calon investor, dari PT. Toba Nauli Indah dalam acara tersebut turut melakukan  presentasi proyek investasi yang juga penandatanganan MoU.

Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan forum ini dapat memacu investasi di kawasan Danau Toba merupakan salah satu strategic goals kami. “Dengan adanya investment forum ini membantu meyakinkan para calon-calon investor untuk membangun pariwisata di Danau Toba,” ujar Jimmy.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 201 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay