Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Perkuat Ekonomi Lokal, Pelaku Wisata Danau Toba Ikuti Pelatihan Pemasaran Online

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Perkuat Ekonomi Lokal, Pelaku Wisata Danau Toba Ikuti Pelatihan Pemasaran Online

Simalungun, 8 Maret 2023 – Kemenparekraf mengadakan pelatihan pemasaran online yang diikuti oleh pelaku wisata dari Simalungun, Toba dan Samosir. Dalam Pelatihan sesi I diikuti oleh 46 pelaku wisata di Atsari Hotel Parapat, Simalungun, (Rabu, 8 MAret 2023).

Pelatihan pemasaran online akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari pertama tanggal  Rabu 8 Februari 2023  hadir sebanyak 39 orang, dan hari Kedua kamis 9 februari 2023 sebanyak 50 orang.

Menurut Undhan perwakilan dari Direktorat P-SDM Pariwisata Kemenparekraf mengatakan peningkatan SDM Pariwisata masuk dalam Program Pembangunan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan (P3TB). Tujuan pelatihan pemasaran online dalam P3TB ini untuk memperkuat keterkaitan perekonomian lokal dengan pariwisata.

“Dalam implementasinya, dikaitkan dalam beberapa komponen program yang salah satunya adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dan dunia usaha lokal di sektor pariwisata,” ujar Undhan dalam sambutannya.

Menurut Undhan program ini merupakan dukungan bagi pengusaha lokal untuk memanfaatkan peluang ekonomi di sektor pariwisata yang semakin mengandalkan teknologi digital.

“Tujuan pelatihan untuk mendukung pelaku usaha agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memasarkan layanan usahanya secara online, sehingga nantinya dapat membantu memperluas akses pasar secara keseluruhan dalam meningkatkan manfaat program bagi para peserta’ katanya.

Menurut Kepala Dinas Budparekraf Simalungun Fikri. F. Damanik mengucapkan terimakasih kepada Kemenparekraf yang telah mengadakan pelatihan kepada pelaku wisata. Fikri mengajak peserta untuk lebih menjaga objek wisata dan mempromosikan agar lebih dikenal wisatawan. Ia juga menekankan peran serta pelaku usaha dala bagian promosi pariwisata Danau Toba.

“Pada perhelatan F1powerboat dibalige seluruh akomodasi di wilayah parapat serta homestay full occupansi di kawasan parapat. Kita harus memberikan branding yang terbaik dengan hal positif agar pengunjung selalu datang ke Danau Toba. semoga SDM dapat memanfaatkan pelatihan untuk meningkatkan pendapatan dalam usaha pariwisata khususnya ilmu dalam pemasaran online,” Ujar Fikri.

Hadir juga dalam kegiatan ini adalah perwakilan Tim World Bank, Herlina Saragih Narasumber, Nur Fatiha Utami Nasuti Narasumber, Reza Kaloka Koordinator SDM Kemenparekraf/baparekraf dan perwakilan BPODT.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 1,223 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay