Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Permudah Akses ke Danau Toba, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi – Parapat Selesai Juli 2023

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Permudah Akses ke Danau Toba, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi – Parapat Selesai Juli 2023

Medan, 30 Mei – Saat ini, pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat di Sumatera Utara tengah dipercepat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Dikutip dari goodnewsfromindonesia, Jalan tol yang mencapai panjang total 143,25 km ini akan meningkatkan hubungan antar wilayah di Sumatera Utara dan memfasilitasi perjalanan para wisatawan, terutama yang berasal dari Kota Medan, untuk mencapai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) seperti Danau Toba dan Pelabuhan Kuala Tanjung dengan lebih mudah.

“Tol Tebing Tinggi – Indrapura – Kisaran adalah bagian dari backbone jalan logistik, jalan utama di samping jalan-jalan lintas Trans Sumatra yang sudah kita bangun sebelumnya. Jadi selain kita membangun jalan backbone sebagai jalan logistik, kita juga bangun feedernya. Feeder pertama dari Indrapura ke Kuala Tanjung, feeder kedua dari Tebing Tinggi ke arah pariwisata Parapat,” ujar Endra.

Proyek pembangunan jalan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat terdiri dari 6 seksi dengan total investasi sebesar Rp13,4 triliun. Seksi 1-4 dikerjakan melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), dengan PT Waskita Karya bertanggung jawab atas seksi 2 dan 3, sedangkan PT Hutama Karya bertanggung jawab atas seksi 1 dan 4. Sementara itu, pemerintah bertanggung jawab atas seksi 5 dan 6.

Proses pembangunan seksi 1, yaitu Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km, telah selesai 100%. Seksi 2, yaitu Indrapura-Kuala Tanjung sepanjang 18,05 km, mencapai tingkat kemajuan 87,2%. Seksi 3, yaitu Tebing Tinggi-Serbelawan sepanjang 30 km, telah mencapai tingkat kemajuan 79,3%. Sedangkan seksi 4, yaitu Serbelawan-Pematang Siantar sepanjang 28 km, telah mencapai tingkat kemajuan 63,7%.

Seksi 5, yaitu Pematang Siantar-Seribudolok sepanjang 22,30 km, dan seksi 6, yaitu Seribudolok-Parapat sepanjang 16,70 km, yang menjadi tanggung jawab pemerintah, saat ini masih dalam tahap finalisasi desain.

“Untuk seksi 1 hingga 3 sekarang ini sedikit lagi selesai, tinggal pekerjaan MCB, guard rail, penanganan jalan, gate, pekerjaan tebing, dan marka jalan. Saya kira tinggal perapian saja, mudah-mudahan 3 ruas tersebut semua bisa selesai dan pada bulan Juli,” ujar Endra.

Endra juga menyebutkan bila ruas jalan tol Tebing Tinggi-Serbelawan akan segera dibuka dan diresmikan setelah melalui uji laik fungsi pada bulan Juli. Hal ini bertujuan agar jalan tol tersebut dapat segera digunakan oleh masyarakat karena kehadirannya sangat dinantikan.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 1,773 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay