Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers : Sambut Natal dan Tahun Baru, BPODT Galakkan Program Pengelolaan Sampah di Sigapiton

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Sambut Natal dan Tahun Baru, BPODT Galakkan Program Pengelolaan Sampah di Sigapiton

Toba – Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) bekerja sama dengan Bank Sampah Induk Tarhilala Balige melakukan Sosialisasi Pengelolaan Sampah di SD Negeri nomor 173671 Sigapiton dengan tema “Clean Up for Christmas Eve on Sigapiton Village”. Jumat, (8/12).

Daud Simanungkalit dari pihak Bank sampah Induk tarhilala Balige memberikan pengarahan kepada anak-anak SD Sigapiton untuk belajar memilah sampah organik dan non organik sekaligus memberikan motivasi kepada anak sekolah untuk menabung melalui penyetoran sampah non organik setelah dilakukan pemilahan sampah dari organik dan reduse (sampah tidak bernilai), hasil dari penyetoran sampah tersebut bisa dalam bentuk tabungan maupun uang tunai.

Sosialisasi pengelolaan sampah  kepada anak SD Negeri Sigapiton bertujuan untuk membentuk karakter anak sejak usia dini untuk menjaga kebersihan rumah, sekolah dan sekeliling pekarangan agar  bersih, rapi dan indah. Program ini dimulai dengan mengumpulkan sampah-sampah yang ada di desa Sigapiton oleh anak-anak SD untuk kemudian dilakukan proses pemilahan. Setiap sampah yang dibawa anak-anak tersebut akan ditimbang dan dicatat didalam buku tabungan mereka dan nantinya akan ditukarkan terhadap beberapa pilihan antara lain makanan atau minuman ringan

Selain sosialisasi sampah, juga sekaligus melakukan aksi nyata dengan gotong royong membersihkan Desa Sigapiton oleh masyarakat bersama dengan pegawai BPODT. Kegiatan gotong royong dipimpin oleh Kepala Divisi Amenitas dan Daya Tarik Wisata Siswanto Sinambela. Gotong royong dilakukan  dengan membersihkan jalan utama Desa Sigapiton serta dermaga pelabuhan Desa Sigapiton.

Hisar Butar Butar, Kepala Desa Sigapiton mengatakan bahwa aksi bersih-bersih kampung ini merupakan inisiatif kesadaran masyarakat untuk bisa menyambut wisatawan yang berkunjung ke Sigapiton.

“Kami sangat senang bisa gotong royong bersama kembali untuk membersihkan jalan, dermaga dan pekarangan rumah masyarakat, kita mencoba bisa konsisten untuk selalu menjaga kebersihan Desa Sigapiton sebagai destinasi wisata,” ujar Hisar.

Jimmy Panjaitan, Dirut BPODT mengapresiasi kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini perlu dilakukan secara kontinu dan berharap agar masyarakat memanfaatkan peluang dengan hadirnya wisatawan asing ke Desa Sigapiton.

“Mari bersama sama mempersiapkan diri untuk menyambut wisatawan, kita harus buat mereka terkesan dengan desa ini dan kita harapkan mereka meninggalkan uang di Desa Sigapiton ini dengan menjual produk lokal Sigapiton, cara kita menyambut tamu sangat penting agar menjadi kunjungan yang berkesan bagi Wisman,” ujar Jimmy.

Melalui sosialisasi tersebut, SD Negeri 173671 Sigapiton menjadi salah satu unit Bank Sampah Tarhilala Balige. Harapan berikutnya, menjelang Hari Natal ini anak-anak akan senang karena sampah yang mereka tukarkan akan bernilai sebuah makanan ataupun minuman ringan, secara tidak langsung juga anak-anak mendapatkan edukasi akan pentingnya kebersihan lingkungan karena sudah terbebas dari sampah.

Nelson Lumbatoruan

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 108 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay