Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2022 Sukses Digelar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2022 Sukses Digelar

Samosir, 17 September 2022 – Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2022 kembali hadir kembali di Samosir setelah pandemi Covid-19 tahun 2020 dan 2021 ditutup. Perlombaan ini telah memasuki tahun keenam, dimana tahun ini baru dibuka kembali sejak pandemic di tahun 2020 dan 2021. (Sigulati, 17/09/2022)

Sebanyak 500 peserta dari dalam dan luar negeri berpartisipasi dalam kejuaraan lari ini. 16 pelari mancanegara meramaikan perlombaan ini, diantaranya; Malaysia (9 orang), Jepang (2 orang), India (1 orang) dan Belanda (4 orang). Ada empat nomor yang dilombakan dalam perlombaan Samosir Lake Toba Ultra 2022, yaitu lari jarak; 50, 25, 12 dan 5 km.

Dikutip dari antaranews.com Samosir Lake Toba Ultra 2022 dibuka oleh Bupati Samosir, Vandiko Gultom. Dalam pembukaannnya Bupati Samosir Vandiko mengatakan perlombaan ini dilaksanakan masih terbatas mengingat masih dalam pandemic Covid-19. Samosir Lake Toba Ultra digelar untuk meramaikan periwisata Samosir sebagai wilayah Kawasan Strategi Pariwisata Nasional  melalui sport tourism.

“Salah satu yang dijual adalah panorama alam yang indah disepanjang rute yang dilewati. Peserta dapat sambal berswafoto sepanjang rute dan Ketika diposting akan menjadi promosi untuk menarik wisatawan ke Samosir,” ujar Vandiko.

Bupati Samosir Vandiko menyampaikan rasa optimistis dan komitmen untuk membuat Samosir Lake Toba Ultra lebih besar lagi dan bertaraf Internasional. Hal ini dikatakannya melihat animo yang cukup besar dari peserta dari dalam dan luar negeri.

Selain menikmati udara sejuk dan panorama alam, peserta juga disuguhkan untuk menonton film animasi meletusnya Gunung Toba serta menikmati produk kopi asli Samosir, berbelanja produk kerajinan Samosir yang dipasarkan UMKM Samosir di lokasi tersebut.

“Untuk tahun depan, apabila pandemic sudah tidak ada lagi, event ini akan kita buat bertaraf internasional. Samosir Lake Toba Ultra 2022 ini diikuti beberapa turis mancanegara dan tahun depan diharapkan semaik banyak turis mancanegara yang akan ikut”, tutup Vandiko.

Sementara itu ditempat terpisah, Jimmy Bernando Panjaitan mengucapkan selamat kepada para pemenang Samosir Lake Toba Ultra 2022. Dirut BPODT Jimmy mengatakan perlombaan ini kembali dibuka kembali tahun ini setelah pada tahun 2019 terakhir diadakan.

Beliau berharap perlombaan ini sebagai ajang para peserta dapat memperkenalkan danau toba dan pulau samosir melalui media sosialnya. Selain itu Dirut BPODT Jimmy menambahkan para peserta pun dapat membeli produk lokal asli pelaku UMKM Samosir.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang, semoga para peserta dapat memperkenalkan keindahan danau toba melalui medsos mereka masing-masing. Apresiasi besar terhadap 500 peserta yang mengikuti perlombaan ini. Harapan kami para peserta yang mengikuti perlombaan ini dapat mengikuti kembali perlombaan yang sama tahun depan. Semoga dengan kegiatan ini bisa berdampak besar bagi ekonomi para pelaku UMKM asal Samosir,” ujar Jimmy.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 574 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay