Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Siaran Pers: ‘Suara Suara Danau Toba’ Harapkan Dapat Bangkitkan Semangat Para Pelaku Kreatif Danau Toba

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

‘Suara Suara Danau Toba’ Harapkan Dapat Bangkitkan Semangat Para Pelaku Kreatif Danau Toba

Toba, 20 Juli 2024 – Kegiatan ini adalah kolaborasi antara teman-teman komunitas sekawasan Danau Toba dengan BPODT. Dengan semangat Komunitas yang masih terjaga untuk tetap berkarya dalam membangun kreatifitas dalam mendukung pariwisata Kawasan Danau Toba.

Kegiatan ini merupakan adanya kesamaan visi para komunitas se-Kawasan Danau Toba, yaitu sama-sama ingin meningkatkan kualitas, produktivitas dari para pegiat musik dan seni pertunjukan dalam pengembangan ekonomi kreatif subsektor musik, untuk mengembangkan musik pop yang berbahasa daerah, dan itu semua hanya bisa diwujudkan lewat kolaborasi ini.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno target Kemenparekraf sekitar 4,4 juta untuk tahun 2024. Peluang itu ia lihat dengan adanya pelaku UMKM dan pegiat seni di Toba.

“Ini menyaksikan kreativitas dari 8 kabupaten/ kota. Itu luar biasa, ekonomi kreatifnya penuh kreativitas. Saya melihat peluang buka usaha di bidang ekonomi kreatif berbasis pariwisata dengan target 4,4 juta lapangan kerja,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Dengan demikian, dukungan pariwisata akan diperkuat dengan adanya investor yang dapat menambah jumlah fasilitas pariwisata di kawasan Danau Toba.

“Kita juga didukung oleh investor untuk pembangunan sejumlah fasilitas. Ini kita harapkan dapat menambah jumlah fasilitas pariwisata,” terangnya.

“Jumlah pengunjung ke Danau Toba per hari ini sudah mencapai setengah juta untuk tahun 2022. Dan kita harapkan dapat meningkat seiring pertambahan fasilitas dan pergerakan wisatawan,” sambungnya.

“Saya sudah perintahkan kepada Dirut (BPDOT) soal fasilitas-fasilitas; sport complex, hotel, dan juga fasilitas pertunjukan seninya, dan beberapa fasilitas lainnya,” lanjutnya.

Soal infrastruktur jalan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR.

“Untuk infrastruktur jalan, kita sudah koordinasi dengan pihak PUPR. Pembangunan ini akan digunakan dari dana PUPR seusai dengan penugasan kelengkapan infrastruktur destinasi pariwisata super prioritas,” pungkasnya.

Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik bagi teman-teman untuk dapat mempertunjukkan kemampuan. Harapannya, semoga dapat diharapkan ada kolaborasi kedepannya. Tentu kita senang di kesempatan yang indah ini kami sengaja mengundang komunitas kreatif yang sama sama punya keinginan untuk maju.

Kedatangan mereka sangat antusias untuk bertemu dengan Mas Menteri dan menunjukkan kreasi dan kemampuan dimiliki.

“Menurut saya, kemampuan yang dimiliki siap untuk dijual. Hard skill sudah oke, tapi softskill nya harus diperbaiki, misalnya kemampuan manajemennya. Kami mengharapkan sekali bapak juga dapat menikmati kemampuan yang akan ditampilkan teman-teman ini nantinya. Nanti ada juga tampil dari beberapa peserta yang mengikuti Pentas Festival Libur Lebaran di Kaldera,” ujar Dirut Jimmy.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto, Wahyu Dito Galih Indharto Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT dan Bambang Cahyo Murdoko Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik BPODT.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT

 813 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay