Siaran Pers
Badan Pelaksana Otorita Danau Toba
Tingkatkan Kualitas SDM, BPODT Lakukan Pelatihan Etos Kerja
Toba, 20 November 2023 – Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pegawai, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) menyelenggarakan Pelatihan Etos Kerja. Pelatihan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, kualitas kerja, motivasi, keterlibatan, kepercayaan diri, serta membangun budaya kerja bagi pegawai BPODT. Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 20 – 21 November 2023 dihadiri langsung oleh seluruh manajemen, mulai dari Direktur Utama, jajaran Direksi, Kepala Divisi dan seluruh staf.
Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan dalam sambutannya mengatakan bahwa Pelatihan
Etos Kerja ini dilaksanakan dalam upaya untuk meningkatkan SDM pegawai BPODT.
“Hari ini kita bersama-sama belajar tentang etos kerja, bagaimana seharusnya kita bekerja di BPODT, etos kerja menjadi bagian terpenting agar kita mampu menyelesaikan masalah yang kita hadapi dalam pekerjaan kita, mari kita semua menanamkan etos kerja yang baik agar visi dan misi BPODT dapat tercapai dan menjadi contoh bagi masyarakat Danau Toba,” ujar Jimmy.
Tampil sebagai narasumber adalah Dr. Nenny Ika Simarmata dengan topik Etos Kerja dan Nancy Naomi Aritonang, M.Psi, dengan topik Komunikasi. Nenny mengatakan bahwa etos kerja adalah kunci untuk untuk mencapai visi dan misi BPODT. “Etos kerja merupakan hal yang wajib dimiliki oleh seluruh pegawai untuk memberikan dampak positif bagi diri sendiri maupun institusi tempat bekerja dalam hal ini BPODT. Faktor penentu yang menggambarkan pribadi yang baik dalam dunia kerja yaitu dengan menerapkan etos kerja yang baik” ujar Nenny.
Sementara itu Naomi mengatakan bahwa komunikasi adalah seni dalam pekerjaan yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan. Komunikasi yang baik akan sangat membantu untuk saling memahami dan untuk menghindari kesalahpahaman.
“Komunikasi adalah seni untuk mencapai tujuan. Komunikasi yang efektif akan mempermudah koordinasi sehingga para pegawai akan semakin produktif untuk bekerja dan memberikan dampak positif bagi BPODT,” ujarnya.
Pelatihan Etos Kerja berlangsung sangat akrab, pada bagian awal, peserta diminta untuk mengisi sejumlah
pertanyaan tentang pola pikir (mindset) berdasarkan kebiasaan yang sering dilakukan oleh peserta dengan harapan untuk mengetahui sejauh mana peserta memiliki mindset dalam dirinya. Kemudian dilanjutkan dengan membentuk kelompok untuk mengikuti beberapa permainan yang bertujuan mengenali kepribadian diri serta komitmen tim.
Kegiatan berlangsung sukses hingga sesi terakhir yaitu sesi action plan dimana setiap bagian melakukan review mengenai kendala yang dihadapi dalam pekerjaan dan perencanaan yang akan dilakukan. Di bagian akhir pelatihan, Direktur Utama BPODT menyampaikan apresiasi yang tinggi atas berlangsungnya pelatihan ini. Jimmy berpesan kepada semua pegawai agar menjalin kerjasama yang erat dan bertanggung jawab pada setiap pekerjaannya. BPODT pasti bisa, Bersama kita bisa, tutup jimmy.
“Saya mengapresiasi para pegawai yang sangat antusias mengikuti pelatihan ini dan nantinya kita akan mereview dalam beberapa bulan apakah etos kerja teraplikasi di dalam pekerjaan,” Ungkapnya.
Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik, Bambang Cahyo Murdoko mengatakan bahwa program merupakan program rutin tahunan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai BPODT.
“Kami merasa sangat perlu melaksanakan program peningkatan kapasitas pegawai internal kami, jika memungkinkan program ini akan dilaksanakan secara rutin agar kami bisa melakukan peningkatan kinerja pegawai, semoga setelah latihan ini selesai, para pegawai bisa menunjukkan peningkatan dan menjadi contoh bagi dunia pariwisata di Danau Toba ini,” tutupnya.
258 total views