Toba Caldera Resort, Sibisa, 22386

Jl. Kapt. Pattimura No.125 Medan 20153 Sumatera Utara

info@bpodt.id

Toba : (0625) 41500 Medan: (061)450-2908

Tiga Desa Wisata Sumatera Utara Raih Penghargaan ADWI 2022

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siaran Pers:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Tiga Desa Wisata Sumatera Utara Raih Penghargaan ADWI

Jakarta, 31 Oktober 2022 – Setelah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengumumkan 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 beberapa bulang lalu. Tiga desa wisata di Sumatera Utara (Sumut) berhasil masuk dalam daftar desa terbaik itu.

Tiga desa wisata di Sumut yang masuk 50 besar ADWI 2022 itu yakni Desa Wisata Hilisimaetano di Kabupaten Nias Selatan, Desa Wisata Buluh Duri di Kabupaten Serdang Bedagai dan Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit di Kabupaten Simalungun.

Saat malam penganugerahaan Desa Wisata Indonesia 2022, Tiga desa wisata di Sumatera Utara (Sumut) berhasil meraih penghargaan di ajang malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Kegiatan Anugerah Desa Wisata yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai daftar desa terbaik tahun 2022.

Desa Wisata Hilisimaetano di Kabupaten Nias Selatan meraih lima besar kategori Homestay, Desa Wisata Kampung Warna-Warni Tigarihit Kabupaten Simalungun meraih lima besar kategori Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan) atau disebut CHSE, dan Desa Wisata Buluh Duri di Kabupaten Serdang Bedagai memboyong dua penghargaan sekaligus yaitu sebagai Desa Wisata Terfavorit dengan jumlah 140.000 like terbanyak dan kategori Desa Wisata Digital dan Kreatif.

Dikutip dari tvonenews.com, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony di Jakarta, Minggu malam (30/10/2022) mengatakan, keberhasilan ketiga desa wisata di Sumut ini bisa menjadi contoh dan motivasi bagi desa lainnya di Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, agar bisa mengembangkan potensi desa wisatanya yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraaan masyarakat sekitar.

“Penghargaan yang diraih ini kami harap dapat memotivasi desa wisata lainnya di Sumatera Utara agar dapat memanfaatkan potensi yang ada baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia,” ujarnya. Zumri juga menambahkan, agar prestasi seperti ini dapat ditingkatkan.

“Kita juga berharap semoga prestasi ini dapat ditingkatkan di masa yang akan datang untuk kepariwisataan keberlanjutan,” tegasnya.

Ditempat terpisah, Jimmy Bernando Panjaitan Dirut BPODT mengucapkan selamat atas penghargaan yang diraih oleh tiga desa di Sumatera Utara. Semoga dengan prestasi ini membuat desa-desa wisata provinsi Sumatera Utara khususnya Kawasan Danau Toba mau berlomba-lomba untuk meraih penghargaan pada ADWI tahun depan.

“Selamat kepada tiga desa wisata di Provinsi Sumatera Utara atas raihan yang didapat. Khususnya untuk Kampung Warna Warni Tigarihit Parapat, semoga para wisatawan saat libur ke Danau Toba mau menginap di Homestay yang ada di Kampung Warna-Warni Tigarihit Parapat,” ujar Jimmy.

Ada tujuh kategori penilaian, yakni daya tarik, homestay, toilet, souvenir, CHSE, digital dan konten kreatif serta kelembagaan. Selain itu, akan ada pemenang tiga klasifikasi desa wisata yaitu rintisan, berkembang dan maju. Rangkaian malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 dimulai dari Minggu pagi, 30 Oktober 2022.

Kegiatan diawali dengan lari bersama para perwakilan 50 desa wisata yang diundang ke Jakarta, mulai dari para kepala daerah (Gubernur, Bupati/Wali Kota), perwakilan dinas pariwisata dari 34 provinsi serta komunitas lari di Jakarta. Ada juga pameran produk ekonomi kreatif dari 50 Desa Wisata ADWI di halaman depan Gedung Sapta Pesona dan malamnya dilanjutkan dengan pengumuman penghargaan ADWI.

Malam penanugerahan ADWI 2022 yang digelar di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Minggu malam (30/10/2022) yang dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, tersebut merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan desa wisata dalam mengembangkan Desa Wisata berkelanjutan, berdaya saing global, dan berkelas dunia.

Anderson Situmeang

Kepala Divisi Komunikasi Publik

 2,048 total views

Komblik BPODT
Komblik BPODT

Leave a Replay